Sanggar Kencana Ungu Santuni Yatim dan Jompo

Sanggar Kencana Ungu Santuni Yatim dan Jompo

SANTUNAN. Pendiri Sanggar Seni Tari Kencana Ungu, Elang Panji Jaya Prawirakusuma melaksanakan santunan bagi anak yatim dan jompo yang ada di sekitar sanggar, pekan lalu.--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Momen pelatihan tari bagi peserta didik Sanggar Seni Tari Kencana Ungu, pekan laku terasa istimewa. Pasalnya selain melaksanakan aktivitas rutin, Pendiri Sanggar Kencana Ungu, Elang Panji Jaya Prawirakusuma juga menggelar santunan bagi anak yatim dan jompo yang tinggal di sekitar sanggar. 
 
Dijelaskan Elang Panji, santunan bagi anak yatim dan jompo sengaja digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Apalagi, keberadaan Sanggar Kencana Ungu di Desa Mertasinga, Gunung Jati, Cirebon juga melibatkan anak-anak warga sekitar sebagai peserta.
 
Paket santunan diberikan bagi 25 anak yatim dan jompo. Berupa uang tunai, apem dan minuman. Elang Panji menjelaskan, terselenggaranya santunan tidak lepas dari kepedulian salah satu peserta didik sanggar yang bakal melaksanakan umrah. 
 
"Kami membagikan rejeki dari murid kami insya Allah tanggal 8 berangkat umrah," jelas Elang Panji kepada Rakyat Cirebon.
 
Selain itu, kata Elang Panji, santunan juga digelar sebagai bentuk rasa syukur. Lebih lagi di Bulan Bala dalam penanggalan Jawa diyakini sebagai waktu yang baik untuk melakukan amal. Sebab itu, pada bulan ini banyak warga membuat apem lalu dibagikan.
 
Elang Panji mengabarkan, aktivitas latihan tari di Sanggar Kencana Ungu berjalan seperti biasa. Namun pada bulan ini, aktivitas latihan tari dilakukan lebih intens guna persiapan tampil pada event Pasar Seni di Gunung Jati pada 24 September mendatang.
 
Event Pasar Seni ini bakal menampilkan kolaborasi seni dari 4 sanggar. Salah satunya Sanggar Kencana Ungu. Beberapa jenis tari bakal ditampilkan secara kolaborasi lengkap dengan gamelan dan nayaganya.
 
Karenanya, Sanggar Kencana Ungu pun memfasilitasi pelatihan bagi peserta didik dari sanggar lain guna mematangkan kolaborasi pertunjukan pada event Pasar Seni. 
 
"Kami hari ini juga melaksanakan tugas dari Lesbumi, mereka monitoring pelatihan ketiga yakni menampilkan Tari Wayang Raden Indrajit," pungkas Elang Panji. (wan)
 

Sumber: