Banjir Kepung Kota Cirebon

Banjir Kepung Kota Cirebon

TURUN LANGSUNG. Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar turun langsung memimpin pasukan mengevakuasi kendaraan yang terjebak banjir. FOTO-FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Wilayah Cirebon dikepung banjir, Selasa (25/10) sore hingga malam hari. Akibatnya, di sejumlah ruas jalan lumpuh dan tidak bisa dilewati kendaraan. Yang paling parah, arah kawasan Perumnas, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Dari pantauan Rakyat Cirebon, sejumlah titik lokasi mengalami banjir atau tergenang air cukup tinggi. Seperti di titik Jalan Terusan Pemuda, tepat di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR).

Kemudian di Jalan Bypass-Brigjen Dharsono di depan kantor RRI. Jalan Pemuda yang titiknya tepat di depan kantor Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWSCC), di Jalan Cipto MK. Bahkan di wilayah Perumnas, selain di jalan utama Ciremai Raya, tergenang hingga Pasar Perumnas, sejumlah rumah warga pun ikut tergenang air.

Di beberapa titik, bahkan kendaraan yang memaksa menerobos pun mogok. Seperti di titik Jalan Terusan Pemuda, sejumlah kendaraan yang terparkir di sekitar lokasi terendam air.

BACA JUGA:Gali Potensi Pariwisata, Pansus III Tandang ke Jawa Timur

Selepas magrib, kondisi belum berangsur membaik. Bahkan, lalu lintas di beberapa titik terjadi kemacetan. Sampai-sampai, untuk mengatur kendaraan yang melintas di titik banjir di Jalan Cipto MK, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar turun langsung memimpin pasukan mengevakuasi kendaraan yang terjebak banjir.

"Kita semua turun ke lapangan dan bersama-sama membantu masyarakat. Mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir. Kita lihat, banyak kendaraan yang terjebak," ungkapnya singkat.

Menjelang malam, Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH pun turun melakukan pemantauan ke titik lokasi banjir. Salah satunya di Kelurahan Pekiringan. Di sana terjadi genangan cukup tinggi. Bahkan sampai personel BPBD harus menurunkan perahu karet untuk mengevakuasi beberapa warga ke tempat yang lebih aman.

Pada kesempatan itu, Azis menyampaikan, banjir kemarin berbeda dari biasanya, dimana banyak titik-titik genangan baru.

BACA JUGA:Satpol PP Kota Cirebon Minta Kenaikan Honor Satlinmas, Siap Tambah Durasi Kerja

"Hampir di seluruh kota ya (banjir, red). Yang biasanya hanya di titik-titik tertentu saja, sekarang banyak titik-titik yang biasanya tidak, sekarang tergenang," ungkapnya.

Setelah mendapatkan info, ia pun langsung menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk melakukan respons cepat. Mulai dari evakuasi, hingga pengamanan di lokasi titik-titik genangan.

"Saya langsung instruksikan semua petugas menyebar, untuk melihat penyebabnya apa saja. Karena ini sudah menyeluruh, kita harus cari tahu apa penyebab utamanya," lanjut dia.

Setelah ini, dikatakan Azis, pemkot akan langsung berkumpul untuk menindaklanjuti kejadian banjir ini. Karena memang titik yang tergenang luar biasa. Banyak titik genangan baru di luar dugaan.

Sumber: