Pertamina Ragukan Takaran Pertamini

Pertamina Ragukan Takaran Pertamini

KEJAKSAN -  Penjual bahan bakar minyak  (BBM) yang dikemas  dalam pertamini kian menjamur. Didesain hampir mirip dengan  SPBU dengan menyertakan takaran sesuai dengan  nominal pembelian makin memikat pengguna kendaraan untuk membeli BBM di pertamini.
\"pertamini
Pertamina konferensi pers. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Padahal, tidak ada jaminan resmi dari Pertamina perihal  takaran dan kualitas BBM  yang dijual pertamini. Hal tersebut disampaikan oleh Roberth Marchelino Verieza, selaku Government and Public Relation Assistant Manager Pertamina EP Asset 3 saat jumpa wartawan di Kota Cirebon, kemarin.

Dijelaskannya, perihal fenomena pertamini, tema tersebut sudah masuk dalam pembahasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Menurutnya, dari kasap mata saja sudah bisa dipastikan banyak hal yang perlu diperhitungkan. Misalnya, sebut Roberth aspek keamanan, takaran dan kualitas BBM yang dijual.

“Pertamini itu masih dalam pembahasan SKK Migas. Harus dibahas itu aspek safety-nya. Siapa yang bisa menjamin safety-nya. Kalau di SPBU, kalau  ada kecelakaan ada yang bertanggung jawab. Dari sisi kuantitas ukuran siapa yang bisa bilang beli satu liter dapatnya satu liter,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, yang lebih penting adalah kualitas BBM yang dijual. Menurut Roberth, jangan sampai BBM yang dibeli tidak sesuai dengan standar. Hal ini, akan merugikan konsumen. “Dari segi kualitas, siapa  yang bisa menjamin kalau itu murni,” tegasnya.

Oleh karena itu, Roberth mengajurkan lebih baik melakukan pengisian bahan bakat di SPBU resmi yang sudah mendapat legalitas dari pertamina. Alasannya, konsumen akan lebih diuntangkan dari segi pelayanan dan kualitas produk yang dijual. (wan)

Sumber: