Kader Banteng Dukung Ayu Siap-siap Dipecat

Kamis 13-06-2024,08:15 WIB
Reporter : Zezen Zaenudin Ali
Editor : Yoga Yudistira

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - PDI Perjuangan akan memberikan sanksi berat terhadap kadernya yang mbalelo bermanuver memberikan dukungan terhadap Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi atau Ayu. Kader banteng harus siap menerima konsekuensi pemecatan ketika berani mendukungnya.

Itu, sudah menjadi hasil keputusan rapat DPC PDIP kemarin. Pasalnya setelah Ayu mengirimkan surat pengunduran diri sebagai bagian dari PDIP, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon langsung mengambil langkah cepat, menggelar rapat internal.

"Pengurus partai, anggota DPRD itu harus fatsun terhadap partai. Artinya, ketika mendukung diluar PDIP akan dipecat," tegas Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Drs H Imron MAg.

Menurut Kang Imron--internal PDIP sudah mengambil sikap dan melakukan konsolidasi internal partai. Bahkan kata dia, Jumat besok, akan melakukan konsolidasi internal partai, semua kader dilibatkan.

"Dari DPC, PAC hingga anak ranting. Bahkan rapat konsolidasi itu akan dihadiri langsung petinggi partai baik dari DPD maupun DPP," terangnya.

Menurutnya, konsolidasi internal itu menjadi langkah awal menyusun strategi pemenangan jelang Pilbup Cirebon. Bagi kader partai yang mbalelo, mendukung Ayu di Pilbup Cirebon akan dipecat. Sebab, sudah tidak lagi menjadi bagian kader PDIP.

"Lain halnya ketika mendukung calon yang diusung oleh partai sendiri. Itu sudah menjadi keharusan, untuk memenangkan pilkada, semua kader, pengurus dan anggota DPRD harus bergerak mensukseskan pilkada," katanya.

Menurutnya, hasil rapat internal kemarin juga sekaligus mengurus administrasi pengunduran Ayu dari PDIP, ke DPD dan pusat. "Pemberitahuan secara tertulis itu sebagai bentuk fisik, bahwa Ayu benar-benar telah keluar dari keanggotaan PDIP," ungkapnya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan penjajakan dengan partai lain untuk membangun koalisi, sesuai instruksi pusat. Penjajakan itu untuk mencari posisi cawabup di pilkada nanti.

"Jadi tidak menutup kemungkinan kita koalisi. Bisa juga satu paket. Semua itu tergantung dari hasil survey bacabup. Ketika hasilnya bagus, kita akan ajukan ke pusat untuk diposisikan sebagai wakil," tuturnya.

Sementara itu, Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Rudiana SE MAP menyampaikan, keluarnya Ayu dari PDIP dan mencalonkan diri dari partai lain sudah dibahas di internal partai. Salah satunya, DPC PDIP akan melakukan konsolidasi internal partai di semua tingkatan.

"Konsolidasi internal itu melibatkan semua kader dan struktur di semua tingkatan, mulai dari DPC, PAC hingga Anak Ranting. Konsolidasi itu nantinya akan dihadiri oleh Ketua DPD PDIP Jabar," pungkasnya. (zen)

Kategori :