PKB Belum Kirimkan Usulan Pimpinan DPRD

Rabu 02-10-2024,12:04 WIB
Reporter : Zezen Zaenudin Ali
Editor : Yoga Yudhistira

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sekretariat DPRD Kabupaten Cirebon, sudah menerima usulan pimpinan dewan. Dari empat kursi pimpinan, hanya PKB yang belum mengusulkan nama. Adapun keempat partai yang  memperoleh kursi pimpinan DPRD, yakni PDIP, PKB, Golkar dan Gerindra.

Sekretaris DPRD, Asep Pamungkas SP MP, ketika ditemui Rakyat Cirebon, Selasa (1/10) menjelaskan proses penetapan calon pimpinan definitif DPRD sedang berlangsung. Pihaknya tengah menunggu rekomendasi dari partai-partai politik terkait calon pimpinan definitif tersebut.

“Kita tunggu rekomendasi dari partai. Dari PDIP sudah masuk atas nama Sophi Zulfia, dari Golkar ada Teguh Rusiana Merdeka, dan Gerindra mengusulkan Nana Kencanawati. Namun, dari PKB belum turun,” kata Asep.

Asep menambahkan, karena belum semua rekomendasi diterima, pengumuman calon pimpinan definitif terpaksa ditunda. Harusnya, kata dia, hari ini sudah bisa diumumkan untuk calon pimpinan definitif.

"Kita menunggu dari PKB dulu. Setelah semuanya turun, baru akan diumumkan dan diparipurnakan. Setelah itu, kita akan mengusulkannya ke Bupati melalui Bagian Pemerintahan, dan nanti disampaikan ke Gubernur," jelasnya.

Ia menegaskan bahwa Surat Keputusan (SK) pimpinan definitif nantinya akan dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Barat. "Setelah SK dari Gubernur turun, baru kita (Sekretariat Dewan) menyiapkan pelantikan," lanjut Asep.

Mengenai jadwal pelantikan, Asep menyebut hal tersebut tergantung pada rekomendasi dari partai pemilik kursi pimpinan. "Untuk jadwal pelantikan, kita tunggu dulu sampai semua proses selesai," katanya.

Setelah pimpinan definitif ditetapkan, DPRD akan mulai membahas pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), yang meliputi Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan (BK), serta komisi-komisi.

Dalam kesempatan tersebut, Asep berharap agar proses ini bisa selesai dengan cepat. "Memang lebih cepat lebih baik. Targetnya pada 20 Oktober semua proses ini selesai, sehingga pada November DPRD sudah bisa bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya," ungkapnya.

Asep juga menjelaskan bahwa pihaknya telah bersurat ke DPC partai politik terkait pengusulan calon pimpinan definitif, dan masing-masing DPC harus mengirimkan surat pengantar untuk calon yang diusulkan.

Adapun proses yang sedang berlangsung saat ini, DPRD telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menyusun Tata Tertib (Tatib) Dewan. Sebanyak 15 orang berada didalamnya, mewakili tujuh fraksi di DPRD. "Sudah mulai rapat dan mulai menyusun Tatib," ujarnya. (zen)

Kategori :