Forum TBM Bina Jati Mandiri Gelar Pekan Literasi dan Gelar Serangkaian Kegiatan Penguatan Literasi Masyarakat

Senin 07-10-2024,10:08 WIB
Reporter : Indah Tri Sutono
Editor : Indah Tri Sutono

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Forum Taman Baca Masyarakat (TBM)  Bina Jati Mandiri menyelenggarakan pekan literasi yang digelar di taman baca masyarakat desa jatiseeng kecamatan Ciledug kabupaten Cirebon Minggu siang  berbagai kegiatan digelar diantaranya membaca nyaring mengulas buku hingga kelas jurnalistik.

Sejumlah siswa siswi jenjang SMP dan SMA/ mengikuti serangkaian kegiatan dalam pekan literasi yang diselenggarakan Forum TBM Bina Jati Mandiri di desa Jatiseeng kecamatan Ciledug kabupaten Cirebon Minggu siang berbagai kegiatan ini diantaranya membaca nyaring menulis buku optimalisasi medsos hingga kelas jurnalistik.

"Salah satunya pelatihan jurnalistik jenjang SMP dan SMA lewat kegiatan ini diharapkan para peserta menjadi pembaca yang tidak terpancing isu isu hoax dan mampu menuliskan sebuah berita sesuai kaidah jurnalistik baik lewat program sekolah maupun aktifitas lainnya," papar Amran Halim selaku Ketua Forum TBM Bina Jati Mandiri.

Ketua Forum TBM Bina Jati Mandiri mengatakan Program forum TBM yang saat ini diikuti 3000 peserta seluruh Indonesia merupakan program dari badan pembinaan dan pengembangan bahasa sastra Kemendikbudristek sebagai upaya penguatan komunitas literasi juga penguatan literasi masyarakat.

"Saat ini program yang kita selenggarakan telah diikuti oleh 3000 peserta dari seluruh daerah di Indonesia," ucapnya.

Dan Sementara itu Selain dapat program dalam kegiatan pengembangan literasi pun para peserta mendapat 1000 buku dari perpusnas sebagai informasi forum tbm pola kerja perpustakaan/ jatiseeng berdiri 2021 dibawah yayasan bina jati mandiri (her)

Kategori :