Kerjasama BKI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dan Ponpes Sains Salam Assalam: Membangun Keterampilan Konseling

Sabtu 26-10-2024,15:12 WIB
Editor : Suwandi

CIREBON – Sebanyak 35 mahasiswa dari Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon (Cyber Islamic University), menggelar praktik observasi Bimbingan dan Konseling Spiritual di Pondok Pesantren Sains Salam Assalam Cirebon. 

Kegiatan ini menjadi langkah nyata kolaborasi antara kampus dan pondok pesantren dalam mengembangkan keterampilan konseling spiritual mahasiswa sekaligus memberi manfaat kepada 50 santri pondok yang turut ambil bagian. Sabtu (26/10/2024).

Dibimbing oleh Dr. Jaja Suteja, M.Pd.I., dosen mata kuliah Konseling Spiritual, kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana praktik akademik tetapi juga wujud silaturahmi dan pengabdian dari pihak kampus kepada pondok pesantren. Dalam sambutannya, Dr. Jaja menekankan pentingnya sinergi antara akademisi dan pesantren dalam memberikan pengaruh positif bagi para santri. 

“Kegiatan ini adalah bentuk nyata silaturahmi dan kerja sama BKI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dengan Pondok Pesantren Sains Salam Assalam dalam berbagai aspek, seperti praktik kuliah, magang, PPL, riset, dan pengabdian masyarakat,” tuturnya.

Kerja sama ini disambut antusias oleh pengasuh Pondok Pesantren Sains Salam Assalam, Dr. KH. Usep Saefuddin Zuhri, M.Ag. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi atas kedatangan mahasiswa BKI dan menekankan pentingnya kolaborasi ini untuk memberikan bimbingan spiritual serta karir kepada para santri. 

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan, agar para mahasiswa bisa membimbing santri dalam aspek spiritual keagamaan dan persiapan masa depan mereka,” ujar KH. Usep.

Selain itu, Dr. Jaja Suteja menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam bidang konseling spiritual tetapi juga sebagai ajang promosi Program Studi BKI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. “Kami berharap, kerja sama ini dapat mempererat silaturahmi antara kampus dan pesantren serta memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” tambahnya.

Dengan berlangsungnya kegiatan ini, diharapkan kerja sama antara UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dan Pondok Pesantren Sains Salam Assalam semakin solid, menciptakan kontribusi nyata bagi perkembangan kedua lembaga, dan mendorong kemajuan di bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat. (rls)

Tags :
Kategori :

Terkait