CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Selain mudik menjelang hari raya Idul Fitri, sudah menjadi tradisi, di awal Ramadan masyarakat Indonesia pun pulang kampung untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan bersama keluarga.
Masyarakat kerap ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman.
Dalam melakukan perjalanan pulang, kereta api pun menjadi salah satu pilihan. Terbukti, di awal Ramadhan kemarin, permintaan perjalanan kereta api meningkat.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon mencatat, pada periode libur awal Ramadan, tanggal 28 Februari hingga 3 Maret 2025, total sebanyak 11.471 pelanggan akan menggunakan layanan moda transportasi kereta api.
Secara terperinci, untuk per harinya, 4.976 penumpang melakukan perjalanan pada tanggal 28 Februari, 1.807 penumpang berangkat pada 1 Maret, 3.108 pada 2 Maret dan 1.580 penumpang di tanggal 3 Maret.
"Angka ini akan terus bertambah, karena penjualan terus berlangsung," jelas Manager Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin.
Untuk memastikan pelayanannya tetap maksimal, pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah. Mulai dari optimalisasi jumlah perjalanan kereta, peningkatan layanan digital, hingga penerapan program keberlanjutan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih ramah lingkungan.
Dari sisi menuju stasiun ramah lingkungan, Daop 3 Cirebon menyediakan water station, yang merupakan fasilitas isi ulang air minum gratis di dua stasiun utama, yakni Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan.
"Langkah ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai," lanjut dia.
Tak hanya itu, dijelaskan Muhibbuddin, khusus di bulan Ramadan, PT KAI Daop 3 Cirebon juga membagikan takjil gratis bagi penumpang yang berbuka puasa di stasiun.
Takjil ini disiapkan dan didistribusikan di 21 stasiun besar, termasuk Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang yang menjalankan ibadah puasa.
Selain peningkatan layanan, kata Muhibbuddin, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mendorong kesadaran akan jejak karbon melalui fitur Carbon Footprint di aplikasi Access by KAI.
Dengan fitur ini, penumpang bisa melihat jumlah emisi karbon yang berhasil mereka hemat dengan memilih kereta api dibandingkan moda transportasi lain.
"Kami terus mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan berbagai fitur layanan digital yang telah disediakan untuk kemudahan perjalanan. Termasuk pemesanan tiket secara online serta layanan check-in dengan sistem face recognition. Mudah-mudahan perjalanan penumpang semakin nyaman, praktis, dan efisien, khususnya selama Ramadan," tutur Muhibbuddin.