Hari Ini, Puncak Arus Balik Pengguna Kereta Api, Tambah 2 Kereta

Hari Ini, Puncak Arus Balik Pengguna Kereta Api, Tambah 2 Kereta

ARUS BALIK. Peningkatan penumpang arus balik di stasiun Cirebon sudah mulai terlihat sejak H+1. Puncaknya diprediksi hari ini, Kamis 5 Mei 2022. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

 

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sejak memasuki hari kedua setelah Lebaran, Rabu (4/5) kemarin, kondisi penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon mengalami lonjakan. Bahkan peningkatan sudah mulai terlihat sejak H+1 Lebaran, Selasa (3/5) lalu.

 

Data jumlah penumpang yang naik pun mulai mengalami peningkatan. Berdasarkan data PT KAI Daop 3 Cirebon, pada tanggal 3 Mei 2022, atau H+1 Lebaran, jumlah penumpang yang naik mencapai 5.566 orang. Jumlah tersebut terus mengalami kenaikan, mengingat mulai memasuki arus balik Lebaran.

 

"Jumlah tersebut akan terus meningkat, sampai diperkirakan puncak penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon akan terjadi pada Kamis besok (5 Mei 2022, red) dengan jumlah penumpang mencapai 6.739 orang," jelas  Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto.

 

Sementara untuk jumlah penumpang yang turun, lanjut Suprapto, masih terbilang ramai dibandingkan dengan kondisi sebelum Lebaran. Bahkan pada waktu yang sama, sampai 3 Mei 2022 lalu, jumlah penumpang yang turun di wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 6.356 orang.

 

Puncak penumpang yang turun atau angka kedatangan, telah terjadi pada Sabtu, 30 April lalu dengan jumlah 7.577 orang.Untuk mengantisipasi lonjakan dan puncak arus balik yang diprediksi Kamis (hari ini, red), PT KAI Daop 3 Cirebon kembali menambah dua perjalanan KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir PP, dan satu perjalanan KA Ciremai relasi Semarang - Cirebon - Bandung PP.

 

"Jadi, total jumlah perjalanan KA Argo Cheribon relasi Cirebon - Gambir pada masa arus balik nanti, setelah ada penambahan total ada 6 KA. Sedangkan untuk ke arah Bandung, nantinya ada 2 perjalanan KA yaitu KA Harina dan KA Ciremai," terangnya.

 

Dengan adanya penambahan perjalanan ini, kata Suprapto, diharapkan bisa meningkatkan kapasitas daya angkut dalam rangka memenuhi peningkatan animo masyarakat untuk kembali ke tempat domisilinya seusai Lebaran. Terutama menuju arah barat yang didominasi tujuan Jakarta dan Bandung.

 

"Enam perjalanan KA Argo Cheribon dan satu perjalanan KA Ciremai. Semoga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan selama arus balik ini," tutupnya. (sep)

 

 

 

 

 

Sumber: