Awas, Pura-pura Jadi Pengunjung, Pencuri Incar Barang Wisatawan

Awas, Pura-pura Jadi Pengunjung, Pencuri Incar Barang Wisatawan

DIKEPUNG. Proses evakuasi terduga pelaku pencuri motor di objek wisata Situs Buyut Banjar, Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang berlangsung dramatis. Karena pelaku sudah dikepung ratusan warga. FOTO: ISTIMEWA/RAKYAT CIREBON--

 

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Seorang remaja asal Jatiwangi, Majalengka, diamankan warga saat tepergok hendak mencuri sepeda motor di area parkir motor objek wisata Situs Buyut Banjar, Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

 

Sedangkan rekannya berhasil kabur dari kejaran warga. Remaja yang diamankan warga diketahui berinisial MD (21).

 

Proses evakuasi pelaku oleh pihak kepolisian sangat dramatis. Karena ratusan warga sudah mengepung tempat yang digunakan untuk mengamankan terduga pelakunya.

 

Peristiwa itu terjadi di area parkir Situs Buyut Banjar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang pada Selasa (3/5) malam.

 

Ketika itu sekitar pukul 20.45 WIB, MD beraksi bersama seorang rekannya. Modusnya berpura-pura menjadi pengunjung objek wisata yang dikenal dengan kawanan monyet tersebut.

 

Di salah satu tempat parkir, keduanya yang sedang berusaha mencuri sepeda motor diketahui seorang juru parkir.

 

Sesaat kemudian banyak warga yang sudah mendatangi lokasi kejadiannya. Amukan warga pun tidak bisa dihindarkan lantaran kesal dan emosi yang sudah memuncak terhadap pelakunya.

 

Bersamaan dengan itu, sejumlah polisi yang bertugas di lokasi wisata sempat mengeluarkan tembakan ke udara beberapa kali untuk memberikan peringatan agar warga tidak main hakim sendiri.

 

Lalu terduga pelaku segera dibawa ke balai desa setempat. Bukannya bubar, ternyata jumlah warga terus bertambah.

 

Kapolres Indramayu, AKBP M Lukman Syarif melalui Kapolsek Jatibarang, Kompol Ujang Rohimin mengatakan, pihaknya langsung melakukan upaya agar tidak terjadi amuk massa.

 

Bahkan pengamanan di lokasi kejadian dipimpin langsung oleh kapolres untuk mengevakuasi terduga pelakunya.

 

Bahkan, proses pemindahan terduga pelaku dari balai desa dengan menggunakan kendaraan polisi mendapat pengawalan dari personel Brimob.

 

“Alhamdulillah polisi secara bersama-sama dapat mengatasinya dan alhamdulilah tersangka dapat diamankan langsung ke Polres Indramayu,” imbuhnya. (tar)

 

 

Sumber: