Yamaha_detail

107 Ribu Wisatawan Kunjungi Majalengka

107 Ribu Wisatawan Kunjungi Majalengka

WISATA. Masyarakat banyak mengunjungi objek wisata di Kabupaten Majalengka selama libur lebaran Idul Fitri 2022 hingga Minggu (8/5).--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA – Ratusan ribu wisatawan mengunjungi Kabupaten Majalengka selama libur lebaran 2022. Kabid Pemasaran Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Majalengka, Ria Restiana mengatakan tercatat 107.000 wisatawanmengunjungi objek wisata di Majalengka sejak Senin (2/5) hingga Minggu (8/5).

Menurutnya, jumlah tersebut menjadi yang tertinggi di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, ada kelonggaran pada libur Lebaran 2022. Sehingga sejumlah objek wisata di Kabupaten Majalengka terus dipadati pengunjung.

“Untuk Kabupaten Majalengka sendiri saat ini masuk dalam level 2. Sehingga kuotanya kita berikan 75 persen bagi wisatawan, akan tetapi kami tetap mengimbau agar prokesnya tetap dijaga dengan ketat,” ujar Ria, Selasa (10/5).

Adapun di momen libur lebaran tersebut, objek wisata Situ Cipanten menjadi lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Jumlahnya mencapai 25.225 orang, di mana rata-rata per harinya sebanyak 2.803 orang. Sementara, secara keseluruhan rata-rata kunjungan wisatawan setiap harinya yang datang ke Majalengka sebanyak 11 ribu wisatawan.

“Ada juga lokasi favorit lainnya seperti Jembar Waterpark sebanyak 18.256 orang, Kolam Renang Putri Borneo 11.800, Talaga Herang 10.840 orang, dan waterboom Tirta Indah 10.104 orang,” ucapnya.

Ria menambahkan, pendapatan daerah dari retribusi wisata yang ada belum sepenuhnya tercatat karena harus menunggu laporan dari wisata yang bersangkutan. Baru dua lokasi wisata yang telah melaporkan yakni Lawang Saketeng dan Situ Sangiang.

“Yang masuk Mei ini lawang saketeng Rp1 juta. Situ sangiang Rp2,5 juta. Yang lain belum ada yang masuk,” jelas dia. (hsn)

Sumber: