Yamaha_detail

Hujan Deras, Jembatan Penghubung Desa Ambruk

Hujan Deras, Jembatan Penghubung Desa Ambruk

AMBRUK. Jembatan Desa Kedungsana, Kecamatan Plumbon ambruk diterjang aliran Sungai Soka, kemarin.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Hujan deras yang terjadi pada Senin sore (9/5) telah menyebabkan Sungai Soka meluap. Akibatnya, jembatan di Blok Nyimas RT 05 RW 01 Desa Kedungsana, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon ambruk.

Badan Nasional Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon yang mendapat laporan kejadian tersebut kemudian melakukan assesment pada Selasa (10/5) sekira pukul 13.30 WIB.

Korlap BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan, menyampaikan, dari hasil assesmen tersebut diketahui penyebab ambruknya jembatan akibat dihantam derasnya air Sungai Soka yang meluap. Sementara luapan Sungai Soka sendiri disebabkan adanya hujan deras yang melanda wilayah setempat pada hari sebelumnya. 

"Hujan deras yang terjadi pada hari Senin kemarin menyebabkan Sungai Soka meluap," ujar Faozan, Selasa (10/5).

Ia menjelaskan, jembatan sepanjang 27 meter yang menghubungkan Blok Nyimas di Dusun 1 dan Blok Jamar di Dusun 2 mengalami ambruk sepanjang 4 meter dengan lebar 2 meter. Putusnya jembatan tersebut telah menyebabkan akses masyarakat di dua Dusun menjadi terhambat.

"Saat ini pemerintah desa setempat beserta masyarakat sedang memperbaiki jembatan secara swadaya, bergotong-royong," kata Faozan.

Selain mengakibatkan jembatan ambruk, luapan Sungai Soka juga telah menyebabkan banjir yang merendam sejumlah desa di Kecamatan Plumbon pada Senin malam. Informasi yang terhimpun menyebutkan, banjir bahkan sempat merendam sejumlah rumah warga dengan ketinggian sekitar 15 cm. 

Beruntung, air cepat surut sehingga masyarakat yang terdampak banjir bisa langsung membersihkan rumah mereka masing-masing. Saat itu, BPBD Kabupaten Cirebon juga sudah langsung turun di dua desa yang terdampak banjir yakni Desa Karangasem dan Kebarepan. (yog)

Sumber: