Ajak Perangkat Daerah Tertib Arsip, Butuh Keterampilan Khusus agar Dokumen Tak Hilang

Ajak Perangkat Daerah Tertib Arsip, Butuh Keterampilan Khusus agar Dokumen Tak Hilang

ARSIP. Manajemen arsip yang baik dibutuhkan agar arsip terkait kepemerintahan Kota Cirebon mudah dilacak dan tidak hilang seiring zaman. FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Upaya mendorong tertibnya pengarsipan dokumen kedinasan dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Cirebon melalui Pembinaan Laporan Audit Kearsipan Internal.

Kegiatan ini diikuti oleh bagian administrasi dari 32 organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Cirebon. Tujuannya agar arsip kedinasan dapat terusus rapih sesuai SOP kearsipan.

Kepala Seksi Pengelolaan Arsip Dinamis, M Samsudin menjelaskan, penyusunan arsip merupakan hal penting. Pasalnya, dokumen terkait berjalannya kepemerintahan Kota Cirebon termasuk dalam arsip.

"Ini upaya agar penyusunan arsip di OPD di Kota Cirebon itu tertib sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga semua data penting itu bisa dilacak," ujar pria yang akrab disapa Otong ini.

Menurut Samsudin, tenaga administrasi di seluruh OPD di Kota Cirebon harus mempunyai keterampilan merawat dan merapikan arsip. Hal itu bertujuan agar dokumentasi tentang Kota Cirebon terus ada.

Dia menjelaskan, setiap tahun jumlah arsip di Kota Cirebon terus bertambah. Guna mengelolanya, dibutuhkan keterampilan khusus agar dokumen tidak hilang seiring zaman.

Menurut Samsudin, sejauh ini masih ada hal-hal yang butuh perbaikan terkait penataan arsip di Kota Cirebon. Dengan dilakukannya pembinaan diharapkan masing-masing OPD punya manajemen arsip yang baik.

"Karena yang kami libatkan itu pada kepala sub bagian umum yang memang tupoksinya di bidang administrasi dan dokumen," pungkas Samsudin. (wan)

 

Sumber: