Emak-emak di Cirebon Deklarasi Dukung Anies untuk Presiden

Emak-emak di Cirebon Deklarasi Dukung Anies untuk Presiden

DEKLARASI. Sekumpulan 'emak-emak' yang tergabung dalam Peluru Anies Kota Cirebon deklarasi dukungan pada Anies Baswedan agar maju pada Pilpres 2024, Jumat (13/5). FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sekumpulan 'emak-emak' yang tergabung dalam Perempuan Relawan untuk (Peluru) Anies Kota Cirebon, ramai-ramai mendeklarasikan dukungan bagi Anies Rasyid Baswedan maju pada Pilpres 2024, Jumat (13/5). Meski sekitar dua tahun lagi, namun aroma menuju RI 1 sudah makin terasa.

Kelompok 'emak-emak' yang dikomandoi Yayah Qomariah menilai, Anies Baswedan merupakan sosok yang tepat memimpin Indonesia. Anies yang merupakan Gubernur DKI Jakarta dianggap telah membuktikan kualitas leadership yang baik.

Menurut  Yayah Qomariah, Koordinator Peluru Anies Kota Cirebon, Anies Baswedan punya kepribadian yang baik. Akademis, organisatoris, punya jaringan luas, ramah dan santun. Sederet karakteristik itulah yang membuat 'emak-emak' luluh.

"Sosok pak Anies Baswedan ini figur yang sangat pas bagi kami. Mampu merangkul semua kalangan. Dan yang paling utama beliau adalah sosok pemimpin yang santun dan punya prestasi," kata dia.

Perempuan yang akrab disapa Umi Qoqom ini melanjutkan, tekad mengantarkan Anies Baswedan sampai ke kursi calon presiden, dituangkan dalam beragam bentuk. Misalnya, menggelar pengobatan gratis di wilayah terpencil di Kota Cirebon, seraya mengenalkan sosok Anies dan potensinya sebagai calon presiden.

Umi Qoqom menjelaskan, sebagai gerakan 'emak-emak', Peluru Anies juga berkomitmen memberdayakan potensi perempuan. Dalam rangkaian sosialisasi untuk Anies, kegiatan yang diusung salah satunya pelatihan kewirausahaan bagi perempuan.

Dia berharap gerakan politik Peluru Anies tak cuma berdampak pada elektoral Anies Baswedan. Juga membawa manfaat bagi masyarakat. "Bakti sosial yang kita lakukan ini agar bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Menurut Umi Qoqom, pada era saat ini, keterlibatan perempuan dalam kegiatan politik tak boleh dianggap remeh. Karena itu, relawan 'emak-emak' Peluru Anies juga bakal aktif sosialisasi tentang Anies Baswedan pada siapapun.

"Sosialisasi saya akan berjuang terus sampai tercapai tujuan. Yang utama sosialisasi ke masyarakat, saudara, keluarga, tetangga dekat, tetangga jauh dari situ akan bercabang. Karena kita 'emak-emak' itu sosialisasi ke keluarga, ke anak, tukang sayur, ke menantu dan lainnya," jelas Umi Qoqom.

Deklarasi Peluru Anies Kota Cirebon dihadiri pula Ketua Koordinator Payung Anies, Wishnu Sentosa. Dia menyambut baik hadirnya Peluru Anies Kota Cirebon yang merupakan bagian dari Payung Anies.

Payung Anies merupakan wadah relawan se-Ciayumajakuning pendukung Anies Baswedan. Payung Anies membawahi lima kelompok relawan lainnya. Yakni Peluru Anies, Selasar, Barisan Relawan Anies (Baries), Barisan Relawan Entrepreneur (Bales) Anies, dan Indonesia Digital untuk Anies (Indies).

Gerakan relawan ini, kata Wishnu, bakal berjuang mendukung Anies Baswedan dengan cara yang santun. Sesuai citra kuat Anies Baswedan yang telah dikenal luas publik Indonesia.

"Kita akan memperjuangkan pak Anies tanpa hujatan kepada lawan siapapun. Seperti apapun beliau diejek, dihina oleh siapapun, beliau hanya senyum. Beliau membalasnya dengan karya," tambah Wishnu. (wan)

Sumber: