Yamaha_detail

Harga Cabai Semakin “Pedas”

Harga Cabai Semakin “Pedas”

PEDAS. Para pembeli tetap memadati kios sayuran di pasar Sindangkasih Cigasong, meski harga cabai merah dan kol mengalami peningkatan, Rabu (18/5).--

RAKYATCIREBON.IDMAJALENGKA - Dua pekan pasca Idul Fitri, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Majalengka kembali naik. Kenaikan harga cabai diikuti dengan kenaikan harga sayuran lainya terutama kol.

Supriadi (50) pengelola pasar Sindangkasih Kecamatan Cigasong mengatakan, kenaikan harga cabai mulai terjadi sekitar dua hari lalu. Harga tinggi yakni cabai merah dengan kisaran harga  Rp70 ribu per kilogram. Sementara untuk kol kenaikannya sekitar Rp2 ribu per kilogram dari harga awal sekitar Rp8 ribu menjadi Rp10 ribu per kilogram.

“Selain harga cabai merah yang kembali naik dibandingkan dua hari lalu, harga cabai rawit merah juga ikut naik yakni Rp50 ribu per kilogram,” jelasnya.

Pihaknya mengaku belum mengetahui penyebab meroketnya harga cabai yang semakin pedas tersebut, kuat dugaan hal itu disebabkan gagal panen di tingkat petani akibat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini.

Sementara itu pantauan rakyat Cirebon, harga sayuran lainnya yang juga naik diantaranya tomat yang kini menjadi Rp10 ribu dari Rp8 ribu per kilogram. Namun tidak semua sayuran harganya ikut naik, sebab ada beberapa jenis sayuran yang justru turun. Diantaranya bawang merah Sumenep dari Rp50 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram, dan ketimun dari Rp12 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram.

“Untuk harga pokok nonsayuran, yaitu ayam ras kini juga mengalami penurunan dari Rp44 ribu menjadi 38 ribu per kilogram,” terang Neneng, salah seorang pedagang sayuran di pasar tersebut.

Sementara Yadi, petugas pasar lainya menambahkan,  untuk bahan pokok lainnya saat ini masih terbilang stabil dan tidak ada kenaikan harga. Namun kenaikan harga bisa saja terjadi terutama menjelang hari raya Idul Adha yang biasanya harga kebutuhan pokok akan kembali naik.

“Meski ada kenaikan di beberapa jenis harga sayuran, namun untuk beberapa jenis kebutuhan pokok harganya masih aman dan stabil. Hanya saja biasanya akan mengalami kenaikan menjelang datangnya perayaan Idul Adha, seiring dengan tingginya permintaan pasar,” pungkasnya. (pai/hsn)

 

 

  

 

Sumber: