Warga di Lima Kecamatan Sambut Operasi Pasar Murah

Warga di Lima Kecamatan Sambut Operasi Pasar Murah

PASAR MURAH. Bupati H Acep Purnama memantau pelaksanaan operasi pasar murah untuk membantu masyarakat di Desa Situsari, Kecamatan Darma, kemarin.--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN- Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Perum Bulog Cabang Cirebon menggelar operasi pasar murah di Desa Situsari, Kecamatan Darma, kemarin. Target sasaran OPM dengan jumlah penerima manfaat (KPM) dari program ini tersebar di 5 kecamatan. Yakni Kecamatan Cidahu, Kalimanggis, Darma, Cibingbin dan Kecamatan Cimahi, sesuai dengan basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Kuningan.

Bupati H Acep Purnama menerangkan, operasi pasar murah ini dapat membantu meringankan beban masyarakat. “Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi ikut serta melaksanakan operasi pasar murah ini. Sehingga kesempatan yang jarang dan baik ini, masyarakat bisa dilayani dengan jarak dekat dan harga yang murah," katanya.

Bupati mengatakan, tujuan diadakannya OPM bersubsidi ini untuk menjaga agar harga kebutuhan pokok tetap terkendali. Selain itu, dengan OPM ini bisa membantu masyarakat yang sedikit kurang beruntung. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mengendalikan fluktuasi harga sembako, gejolak harga barang kebutuhan pokok dapat berdampak pada inflasi dan berpengaruh pada daya beli masyarakat. Maka, melalui OPM dapat terwujud stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan,” harapnya.

Operasi pasar murah ini diikuti dengan pelaksanaan vaksin bagi masyarakat yang bekerjasama dengan Polres Kuningan, dan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan. Kemudian juga pelayanan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NNIB) bagi pelaku usaha di wilayah setempat yang bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kuningan.  

Warga sangat terlihat Antusias dengan kehadiran Bupati dan Pejabat Forkopimda di lokasi pasar murah. Ketika acara dimulai, warga langsung menyerbu untuk membeli paket sembako murah tersebut. Salah satu warga menyampaikan kepada Bupati Acep, bahwa dengan adanya  OPM ini merasa sangat terbantu sekali.

Kepala Dinas Kopdagperin, U Kusmana menyatakan, pihaknya menyediakan komoditas melalui kegiatan ini berupa paket. Satu paketnya terdiri dari beras Premium kemasan 5 Kg, minyak goreng kemasan 1 liter dan gula pasir kemasan 1 Kg dengan total keseluruhan sebesar Rp100.000 oleh masyarakat sebesar Rp55.000 dengan total paket yang akan disebar di 5 kecamatan.

“Penyerahan simbolis kegiatan operasi pasar murah ini sebanyak 400 paket berlokasi di Desa Situsari, Kecamatan Darma dan akan diserahkan bagi masyarakat penerima sesuai data terpadu kesejahteraan sosial,” sebut Uu. (bud)

 

Sumber: