Acep-Ardiyan Tampil Mesra di Musda ICMI

Acep-Ardiyan Tampil Mesra di Musda ICMI

PENGURUS BARU. Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Kuningan mengadakan musda dan pengurus baru terpilih untuk menjabat periode lima tahun kedepan.--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Kuningan, telah tuntas mengadakan musyawarah daerah (musda). Pengurus baru terpilih untuk menjabat periode lima tahun kedepan. Adapun Ketua ICMI terpilih periode 2022-2027 yakni Nanan Abdul Manan.

Menurut Dewan Pembina ICMI Kuningan, H Rokhmat Ardiyan, sosok cendekiawan dalam arti intelektual mengandung syarat tertentu.

Meski seseorang yang tidak pernah lulus perguruan tinggi, namun bisa diakui sebagai cendekiawan. Sebab, sudah melahirkan tulisan ilmiah mengenai ide-ide sosial dan kemanusiaan.

“Cendekiawan itu harus memiliki sikap dan visi intelektual, jadi tidak mesti selalu sarjana. Mampu mengatasi batas-batas disiplin, memiliki komitmen kuat pada kemanusiaan, harkat, nilai-nilai, aspiratif, serta kritis dan mandiri,” papar Rokhmat Ardiyan yang juga menjabat Direktur Utama Puspita Cipta Grup Kuningan.

Oleh sebab itu, lanjut Ardiyan, cendekiawan muslim adalah sosok muslim yang peduli terhadap lingkungan. Selalu meningkatkan kualitas iman dan takwa terhadap Allah SWT. “Cendekiawan muslim itu memiliki kemampuan berpikir, menggali, memahami, menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kehidupan sosial kemasyarakatan untuk diamalkan bagi terwujudnya masyarakat madani,” ujarnya.

Sementara Bupati H Acep Purnama menuturkan, momen musda bisa menjadi momentum membangkitkan energi baru pengurus ICMI dengan memunculkan berbagai program inovatif. “Semoga musda menjadi momentum bagi ICMI untuk melakukan aksi dan kerja nyata, dengan menggerakan ilmu amaliah dan amal ilmiahnya demi memajukan Kabupaten Kuningan,” harapnya.

Menurut bupati, ICMI merupakan organisasi cendekiawan untuk mewujudkan kehidupan manusia yang sejahtera, serta damai lahir dan batin. Bersendikan umat beriman dan berilmu sebagai kaum yang berfikir, berdzikir dan beramal shaleh, bergerak di bidang ilmu pengetahuan, sosial, pendidikan, dan ekonomi.

”Potensi cita dan tujuan besar telah seirama dengan yang ingin diwujudkan tema musda sekarang. Artinya, Musda ICMI merupakan wujud nyata keterjagaan kaderisasi, bahkan menjadi wujud keterjaminan adanya estafet kepemimpinan dalam setiap generasi,” tutupnya. (bud)

 

Sumber: