Yamaha_detail

Asda: Pemkab Dukung Reforma Agraria

Asda: Pemkab Dukung Reforma Agraria

TEMUI PENDEMO. Asda Maman Kostaman menemui pengunjuk rasa di Alun-alun depan Pendopo Indramayu. Kepastian Pemkab Indramayu mendukung reforma agraria telah dibuktikan dengan terbentuknya gugus tugas.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU-Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asda) Setda Indramayu, Maman Kostaman menyatakan, Pemerintah Kabupaten Indramayu mendukung secara penuh terwujudnya reforma agraria. 

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 86 tahun 2018 agar para petani dan nelayan tidak dirugikan.

Pernyataan tersebut disampaikan Maman ketika mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina menemui massa unjuk rasa yang tergabung dalam Komite Reforma Penegak Agraria, Rabu (8/6) di depan Pendopo Indramayu. 

Massa aksi berasal dari Serikat Tani Indramayu (STI), Serikat Petani Indonesia (SPI) Indramayu, dan Komite Nasional Nelayan Nusantara (KONANN).

Menurut Maman, sepanjang kebijakan menjadi wewenang pemerintah pusat, maka Pemerintah Kabupaten Indramayu akan mendukung. 

"Reforma agraria, sebagaimana dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pada intinya sepanjang itu kebijakan pusat dan aturan itu memang ada. Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Indramayu tentunya dari bupati Indramayu mendukung terhadap reformasi agraria,” paparnya.

Apalagi, kata dia, hal itu dinilai berkaitan dengan program pembangunan yang dijalankan oleh Pemkab Indramayu untuk mensejahterakan masyarakat. 

“Tinggal bagaimana kita nanti memetakan apa yang ada di masalah masyarakat. Sebabnya apa tadi aspirasi sudah disampaikan. Pada intinya yang kita perjuangkan yaitu bagaimana lebih mensejahterakan kembali dan berkeadilan bagi masyarakat,” kata dia.

Adapun kepastian Pemkab Indramayu mendukung reforma agraria telah dibuktikan dengan terbentuknya gugus tugas oleh Bupati Indramayu Nina Agustina. 

“Pemerintah Kabupaten Indramayu sudah disampaikan bahwa gugus tugas dibentuk oleh bupati Indramayu. Sehingga tinggal bagaimana nanti gugus tugas yang dibentuk ini kita sama-sama satu frekuensi, arah, selanjutnya kita petakan bersama,” terang Maman.

Ia memastikan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan rapat bersama instansi terkait di lingkungan Pemkab Indramayu. 

Juga melakukan koordinasi dengan DPRD Indramayu untuk mempelajari segala kebijakan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat tersebut.

Menindaklanjutinya, ia berinsiasi membahas persoalannya melalui fokus grup diskusi. Sehingga secara bersama-sama dapat mencari solusi dan melakukan pemetaan kedepan. 

Ia juga memastikan akan hadir jika diundang DPRD untuk merumuskan berbagai hal yang berkaitan dengan reforma agraria.

Sumber: