Jamaah Haji Dibekali Kartu Sehat

Jamaah Haji Dibekali Kartu Sehat

BUKU HIJAU. Subkoordinasi, Surveilans dan Imunisasi Dinkes Majalengka, Siti Romlah Setiawangsih (kiri) memperlihatkan kartu sehat untuk para calon jamaah haji asal Majalengka.--

RAKYATCIREBON.IDMAJALENGKA - Jamaah calon haji asal Kabupaten Majalengka dibekali dengan kartu sehat. Kartu sehat itu diserahkan kepada para calon jamaah haji saat akan berangkat menuju embarkasi.

Subkoordinasi, Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Majalengka, Siti Romlah Setiawangsih mengatakan ada perbandingan kartu sehat yang diberikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya, kartu sehat berbentuk buku yang ditulis secara manual.

“Ketika berangkat kami akan bekali para jemaah haji kartu sehat. Kartu sehat ini pengganti buku kesehatan haji. Dulu, riwayat kesehatan dicatat secara manual di dalam buku. Jamaah menyebutnya buku hijau,” ujar Siti, Jumat (10/6).

Kartu Kesehatan Jamaah Haji atau disingkat KKJH itu, jelas dia, bakal merangkum semua riwayat kesehatan dari jamaah yang bersangkutan. Termasuk di dalamnya riwayat Covid-19, entah itu pernah terjangkit Covid-19 atau tidak.

“KKJH itu bentuknya barcode, bisa di-scan pastinya. Bisa terlihat nanti riwayat PCR, vaksinasi, terkonfirmasi juga ada di dalamnya,” ucapnya.

Pihaknya baru membagikan kartu sehat itu saat pelepasan menuju embarkasi Bekasi. Hal itu untuk menghindari ada salah satu dari calon jamaah haji yang lupa membawa.

“Untuk menghindari jamaah lupa, kartu sehat dibagikan pada saat pemberangkatan. Begitu sampai di bus, kita akan langsung bagikan,” jelas dia.

Seperti diketahui, ada 533 calon jemaah haji asal Kabupaten Majalengka yang tahun ini diberangkatkan. (hsn)

Sumber: