Makan Siang Bersama Tokoh Dulu, Kemudian Lantik Orang-orang Ini Jadi Menteri

Makan Siang Bersama Tokoh Dulu,  Kemudian Lantik Orang-orang Ini Jadi Menteri

Presiden Jokowi makan siang bersama sejumlah tokoh sebelum mengumumkan dan melantik menteri baru untuk Kabinet Indonesia Maju.--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Reshufle kabinet hari ini (15/6), benar-benar terjadi. Pukul 13.30 WIB, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumunkannya.

Sebelum melaksanakan agenda Reshufle Kabinet siang hari ini, Presiden Jokowi nampak menerima sejumlah tamu dan makan siang bersama.

Nampak di Istana Negara sebelum pelaksanaan Reshufle Kabinet hari ini, sejumlah tokoh dan pimpinan partai politik.

Agenda pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, sedianya akan dilaksanakan pukul 13.30 WIB.

Kini, pesiden sedang melaksanakan jamuan makan siang bersama bersama beberapa tokoh yang telah hadir di istana Negara.

Hadir Surya Paloh, Prabowo Subianto, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, Suharso Monoarfa hingga Megawati Soekarnoputri.

Presiden Joko Widodo akan melantik menteri dan wakil menteri untuk Kabinet Indonesia Maju.

Di lokasi juga nampak beberapa nama yang digadang-gadang bakal masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Salah satunya Raja Juli Antoni, yang sempat dicegat wartawan sebelum masuk ke Istana Negara. Nampak, petinggi PSI tersebut menggunakan setelan jas dengan dasi merah.

Seperti diketahui, Reshufle Kabinet tahun 2022 yang kabarnya dilaksanakan hari ini, Rabu, 16, Juni, mengerucut pada beberapa nama.

Ada Hadi Tjahjanto hingga Zulkifli Hasan. Keduanya dikabarkan akan masuk dalam pos reshufle kabinet 2022 hari ini.

Dua sosok pengganti yang akan dilantik pada Reshufle Kabinet 2022 hari ini, adalah Hadi Tjahjanto yang kabarnya akan menggantikan Sofyan Djalil dan posisi Mendag yang digantikan Zulkifli Hasan.

Kendati demikian, reshufle kabinet rupanya belum berhenti sampai di situ. Ada tiga wakil menteri atau wamen yang akan masuk.

Informasinya, pelantikan akan dilaksanakan pukul 13.30 WIB. Agenda tersebut sudah disampaikan kepada para pejabat tinggi negara.

Istana menegaskan bahwasannya reshuffle kabinet bebas dilakukan Jokowi kapan pun dia mau.

Pasalnya, sebagai presiden mempunyai hak prerogratif yang digunakan untuk merombak kabinet kerjanya.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan saat ini hanya Jokowi yang tahu betul bagaimana kondisi kabinetnya.

“Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden.”

“Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden,” kata Pramono Anung Selasa 14 Juni 2022.

“Ya yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, beliau sangat tahulah,” tambahnya. (yud)

Sumber: