Yamaha_detail

Roy Suryo Hapus Meme Stupa, Ini Alasannya...

Roy Suryo Hapus Meme Stupa, Ini Alasannya...

Roy Suryo --

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Pakar telematika Roy Suryo membeberkan alasan dirinya menghapus unggahan meme stupa Candi Borobudur yang kini tengah jadi sorotan publik.

Roy Suryo menghapus unggahan tersebut karena menurutnya sudah mulai terlihat upaya provokatif dari pihak tertentu terkait meme itu.

"Jadi, saya melihat ada upaya 'memprovokasi' alias 'penggorengan' dari BuzzerRp tersebut karena kalau memang ada reaksi sli, mestinya sudah semenjak beberapa hari sebelumnya," kata Roy Suryo kepada wartawan, Rabu (15/6).

Oleh sebab itu, Roy Suryo menghapus unggahannya lalu mengunggah ulang dengan dilengkapi identitas akun asli pengunggah kedua meme tersebut.

"Ini memang mekanisme standar untuk memastikan siapa pengunggah sebelumnya atau bahkan siapa pembuatnya bilamana ada pihak-pihak yang akan menindaklanjutinya dan tidak tergiring opini sesat dari BuzzerRp tersebut," ujar Roy Suryo.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu menegaskan penghapusan unggahan meme tersebut agar masyarakat tidak memperoleh informasi sesat.

"Agar masyarakat tidak 'digoreng' memperoleh info-info sesat dan agar masalah tersebut kembali pada proporsinya," bebernya. Roy Suryo sebelumnya mengunggah dua foto editan stupa di Candi Borobudur menyerupai wajah Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada akun @KRMTRoySuryo2 di Twitter.

Terkait dengan unggahannya itu, Roy Suryo juga telah memberikan klarifikasi.

Menurut Roy Suryo, dua meme yang diunggahnya itu bukan buatannya. Dia hanya mengunggah ulang dilengkapi identitas akun asli pengunggah kedua meme tersebut.

"Justru itu saya sengaja menampilkan unggahan-unggahan yang sudah ada sebelumnya," kata Roy Suryo saat dikonfirmasi JPNN.com, Selasa (14/6). (jpnn/rakcer)

Sumber: