Sekda Teken Kerjasama Perlindungan Hak Perempuan

Sekda Teken Kerjasama Perlindungan Hak Perempuan

KERJASAMA. Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi menjabat tangan Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Trisman Supriatna SPd MPd usai penandatangan MoU dengan instansi vertikal, kemarin.--

RAKYATCIREBON.IDKUNINGAN- Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi membuka rapat kerja daerah program Bangga Kencana Kabupaten Kuningan di salah satu Rumah Makan Kuningan, Kamis (16/6). Selain membuka kegiatan, Sekda Dian juga melakukan penandatangan kerjasama tentang pemenuhan dan perlindungan hak perempuan dan anak berhadapan hokum. Kerjasama ini berlangsung antara DPPKBP3A Kabupaten Kuningan dengan instansi vertikal dan MoU tentang peningkatan pelaksanaan program Bangga Kencana dengan perkumpulan juang Kencana Kabupaten Kuningan.

Sekda meminta untuk menjadikan tahun 2022 ini sebagai tahun penguatan lini lapangan berbasis desa. Caranya, dengan menggerakkan dan memberdayakan seluruh potensi masyarakat untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, santana, basajan, santika dan unggul.

“Saya merasa gembira dan menyambut baik atas diselenggarakannya rakerda ini. Dimana merupakan wahana komitmen kita untuk mencarikan solusi dalam sektor pembangunan keluarga, kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta sektor kesehatan yang sedang kita hadapi,” ujar Sekda Dian.

Disamping itu, Sekda juga memberikan arahan terkait pembangunan keluarga, kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Semua ini diarahkan kepada penguatan demand (penggerakan) dan supply (pelayanan) secara seimbang.

Menurutnya, ada 4 konsep pembangunan. Yakni, konsep pembangunan berkelanjutan, pembangunan sumber daya manusia, pembangunan manusia dan pembangunan berwawasan kependudukan. “Mari kita bersama-sama galang terus pesan “4 terlalu” (terlalu muda, terlalu dekat, terlalu banyak dan terlalu tua). Ini harus menjadi andalan untuk mengajak para keluarga untuk hidup sehat, bahagia dan sejahtera serta melaksanakan pendampingan terhadap keluarga yang berisiko stunting. Selain itu juga tingkatkan program dashat (dapur sehat atasi stunting) untuk mencegah stunting baru, guna mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkualitas,” tandas Dian.

Sementara, perwakilan BKKBN Provinsi Jabar, Dr Wahidin SKM mengucapkan selamat kepada DPPKBP3A Kabupaten Kuningan yang telah meraih juara di tingkat provinsi. Bahkan tahun ini masuk ke tingkat nasional yaitu lomba Kampung KB yang diraih oleh Kampung KB Hegar Manah Desa Haur Kuning Kecamatan Nusaherang.

“Saya apresiasi dan saya doakan semoga berhasil menjadi juara tingkat nasional sehingga nanti akan banyak terciptanya keluarga yang sehat dan sejahtera,” sebut Wahidin.  

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Trisman Supriatna SPd MPd menyampaikan, rakerda Bangga Kencana merupakan forum sosialisasi, evaluasi, perencanaan dan pengendalian program. Semua ini dalam rangka menyamakan persepsi untuk mengakselerasikan target Bangga Kencana tahun 2022. “Rakerda ini untuk mengakselerasi program bangga kencana dalam mendukung tercapainya target Bangga Kencana tahun 2022. Juga menjamin kemitraan dan keterpaduan program melalui mekanisme operasional dalam program Bangga Kencana, dan keadilan kesetaraan gender. Sehingga kebijakan pembangunan Kabupaten Kuningan khususnya indikator kesejahteraan pada tahun 2022 dapat terwujud,” ungkap Trisman. (bud)

 

 

Sumber: