Yamaha_detail

Kompolnas Puji Kapolri Jenderal Listyo, Banyak Polwan Diberi Posisi Strategis

Kompolnas Puji Kapolri Jenderal Listyo, Banyak Polwan Diberi Posisi Strategis

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan promosi berupa kenaikan pangkat dan jabatan strategis di Polri kepada sejumlah polisi wanita (polwan).

Langkah Kapolri Jenderal Listyo ini menuai apresiasi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Poengky Indarty, Komisioner Kompolnas, mengatakan promosi dan penempatan polwan untuk menempati jabatan strategis merupakan bukti kesungguhan Kapolri Jenderal Listyo terhadap pengarusutamaan gender di Polri.

"Kompolnas mengapresiasi surat telegram Kapolri yang memberikan ruang atau posisi-posisi strategis kepada perempuan, polwan," kata Poengky ketika merespons surat telegram rahasia Kapolri yang diumumkan pada hari Selasa (21/6).

Kapolri menerbitkan lima telegram rahasia (TR), yakni ST/1213/VI/KEP./2022, ST/1214/VI/KEP./2022, ST/1215/VI/KEP./2022, ST/1216/VI/KEP./2022 dan ST/1217/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri.

Dalam surat telegram mutasi tersebut, terdapat sejumlah nama polwan yang mendapat promosi jabatan serta kenaikan pangkat. Salah satunya, Brigadir Jenderal Juansi yang mendapat promosi kenaikan pangkat menjadi inspektur jenderal.

Juansi juga dipromosikan dalam jabatan sebagai widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Selanjutnya, Kombes Nurul Azizah yang dipromosikan menjadi Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri.

Kombes Azizah menggantikan Kombes Gatot Repli Handoko yang mendapat promosi bintang satu menjadi Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri.

Terdapat dua polwan lain di satuan kewilayahan yang mendapat kenaikan pangkat menjadi kombes polisi, yakni AKBP Siti Nur Imanta yang menjabat Karumtik Tk 2 Bandung Polda Jawa Barat, dan AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kepala Bidang Keuangan (Kabidkeu) Polda Banten.

Tiga kombes lain juga dipercaya sebagai kepala bidang di masing-masing wilayahnya, yakni Kombes Endang Sri Wahyu Utami sebagai Kabidkeu Polda Bali, Kombes Heni Kresnowati sebagai Kabidkeu Polda Jawa Barat, dan Kombes Yuliani sebagai Kabidkum (Kepala Bidang Hukum) Polda Banten.

Poengky menyebutkan banyak perwira menengah polwan yang kinerjanya mendapat apresiasi di telegram rahasia Kapolri itu. Hal ini sebagai bukti kesungguhan Kapolri dalam menghormati kesetaraan gender.

"Kami juga apresiasi ada banyak kombes dan AKBP yang diberi kesempatan menduduki posisi strategis. Ini kesungguhan dari Kapolri dalam menghormati kesetaraan gender di Polri dan ini sangat positif," kata Poengky.

Dia berharap Kapolri Jenderal Listyo saat menerbitkan surat telegram berikutnya, mempromosikan lebih banyak lagi polwan. Menurut dia, tidak sedikit polwan yang berhasil menoreh prestasi, yang tak kalah prestisius dengan polisi laki-laki.

"Kami harap dalam TR-TR selanjutnya perempuan lebih banyak diberi kesempatan lagi karena banyak dari mereka yang juga berprestasi," ujar Poengky. (jpnn/rakcer)

Sumber: