Perlu Kolaborasi Ciptakan Posyandu Maju di Kuningan

Perlu Kolaborasi Ciptakan Posyandu Maju di Kuningan

POSYANDU MAJU. Ketua TP PKK Kuningan, Hj Ika Acep Purnama bersama para kader Posyandu dan meminta kader untuk lebih kreatif.--

RAKYATCIREBON.IDKUNINGAN– Keberadaan Posyandu sangat penting dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Salah satunya dengan manfaat meningkatkan pemberian gizi pada anak, sekaligus semakin bisa memperhatikan kesehatan warga secara lebih menyeluruh.

Oleh karena itu, pemerintah daerah sangat mendukung berbagai program pemerintah desa di bidang kesehatan melalui layanan Posyandu. Sehingga diperlukan kolaborasi antar pihak demi menciptakan posyandu maju di Kuningan.

“Mari kita bersama-sama untuk meningkatkan semangat kerjasama dan kolaborasi, demi menciptakan Posyandu di Kabupaten Kuningan yang Mandiri dan Pinunjul (Posyandu Maju),” kata Ketua TP PKK Kuningan, Hj Ika Acep Purnama SE, Kamis (23/6).

Menurut Ika, salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan adalah terwujudnya kesehatan ibu dan anak. Posyandu sebagai mitra pemerintah, diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya ibu hamil dan balita,

“Jadi peranan posyandu ini sangatlah penting dan strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Terutama terhadap pelayanan kesehatan bagi ibu hamil atau yang mempunyai balita,” ucapnya.

Dia mendorong, agar masyarakat di desa lebih kreatif dan terus mengikuti perkembangan zaman. Hal ini demi mewujudkan Kuningan menjadi posyandu mandiri dan pinunjul. Posyandu merupakan wadah pemberdayaan masyarakat dibentuk melalui musyawarah mufakat desa atau kelurahan yang dikelola oleh pengelola Posyandu. Pendirian posyandu ditetapkan dengan keputusan kepala desa atau lurah, sehingga posyandu bersifat fleksibel yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sumber daya. 

“Semoga semangat pengabdian ibu-ibu semua tidak bergengsi. Tetapi semakin membara untuk memajukan posyandu, agar manfaatnya terus hangat di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Selain itu, lanjut Ika, posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola bersama–sama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

“Upaya peningkatan peran dan fungsi posyandu bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat termasuk kader,” pungkasnya.(bud)

Sumber: