Targetkan 10 Kursi di DPRD Kuningan

Targetkan 10 Kursi di DPRD Kuningan

TARGET TINGGI Ketua DPD PAN Kabupaten Kuningan, H Uba Sobari optimis mampu meraih 10 kursi di DPRD Kabupaten Kuningan pada Pileg 2024 mendatang--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN- DPD PAN Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, merasa optimis mampu meraih 10 kursi di Pileg 2024. Hal ini menjadi semangat kader partai agar bisa mengusung satu paket di Pilkada Kuningan.

Demi mematangkan strategi partai, PAN Kuningan mengadakan rakerda yang dihadiri langsung DPW PAN Jabar. Kegiatan ini dilakukan sebagai amanat partai menjelang Pemilu 2024.

“Tentunya kita harus mempersiapkan, tadi juga diputuskan kaitan dengan verifikasi partai, pencalegan dini hingga rekruitmen saksi. Sekarang jauh-jauh hari kita sudah harus mempersiapkan saksi sebanyak 3.500 lebih orang di Kuningan,” kata Ketua DPD PAN Kuningan, Uba Subari melalui Sekretaris DPD PAN Kuningan, Toto Suharto kepada awak media, Minggu (28/6).

Menurutnya, persiapan saksi dilakukan jauh sebelum pemilu agar lebih terkoordinir dengan baik. Sehingga tidak terkesan mendadak dan masuk dalam data base aplikasi secara online.

“Jadi data mengenai saksi ini sudah tersimpan, dan komunikasi juga akan berjalan efektif. Maka saat melakukan perhitungan itu akan lebih cepat dan tepat,” tandasnya.

Selain itu, lanjutnya, pembentukan pengurus di 360 ranting sewilayah Kuningan masih berproses. Saat ini baru sebanyak 200 ranting terbentuk, sisanya ditargetkan selesai akhir Juli 2022.

“Maka melalui rakerda ini, kita harus ada kepastian kapan pembentukan ranting selesai. Sehingga pembentukan ranting disepakati harus selesai akhir Juli, begitupun rekruitmen saksi selesai di akhir Juli 2022,” imbuhnya.

Sementara proses pencalegan dini sendiri, Ia menyebut, total yang telah masuk mendaftar sebagai bacaleg ada 40 orang. Namun semua bacaleg harus melalui tahapan verifikasi partai.

“Karena nanti dilihat bagaimana popularitas dan elektabilitas para bacaleg. Sebab pencalonan pileg ini harus selektif, kita tidak bisa menempatkan orang sembarangan,” terangnya.

Oleh sebab itu, pihaknya menargetkan meraih 10 kursi di DPRD Kuningan. Jumlah ini melebihi keinginan dari DPW PAN Jabar yang menargetkan 9 kursi untuk PAN Kuningan.

“Kalau kita 10 kursi ya, artinya kalau 10 kursi ini sudah aman. Tidak lagi harus mencari 1 kursi jika ingin satu paket, sebab kalau satu paket itu harus memenuhi ketentuan 20 persen dari total jumlah kursi legislatif. Jadi kalau target 10 kursi, kalau 9 kursi nanti cari 1 kursi lagi itu susah negosiasinya,” tandas Toto.

Dirinya merasa optimistis, jika 10 kursi legislatif mampu diraih para kader PAN di Kuningan. Apalagi kini kader sudah makin solid untuk bersama-sama membangun kebesaran partai.

“Kita melihat sekarang sudah ada kebersamaan dan kekompakan untuk membangun sebuah kekuatan. Sehingga suksesi pemilu menjadi partai pemenang terwujud, kita hindari konflik dan harus rapatkan barisan mengusung kekuatan. Kalau ada konflik ya jangan berharap tujuan tercapai, yang ada ya kisruh saja,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, jika di internal PAN Kuningan tidak ada keretakan maupun konflik. Termasuk isu kader PAN yang akan pindah partai, itu tidak benar.

“Itu tidak ada, sampai hari ini tidak ada keretakan. Semua mendukung untuk keberhasilan partai,” pungkasnya.(bud)

Sumber: