Ribuan Guru RA Ikuti Ortek Pramuka Prasiaga

Ribuan Guru RA Ikuti Ortek Pramuka Prasiaga

KEDUA. PD IGRA Kabupaten Majalengka menggelar Ortek Prasiaga di Hutan Giri Laya Kecamatan Talaga, Senin (27/6).--

RAKYATCIREBON.IDMAJALENGKA - Ribuan guru Raudhatul Athfal (RA) se Kabupaten Majalengka mengikuti kegiatan Orientasi Teknis (Ortek) Kepanduan atau Pramuka Prasiaga, di hutan Gunung Laya Desa Talaga Kecamatan Talaga, Senin (27/6).

Meski sempat diguyur hujan, namun pelaksanaan Ortek Pramuka Prasiaga PD IGRA Kabupaten Majalengka berlangsung cukup  meriah, dengan sejumlah perlombaan khas kepanduan. Seperti lomba defile, lomba baris berbaris, lomba asmaul husna, tahfidz Quran, serta lomba lainnya.

Ketua panitia kegiatan, Heriyanto SPd mengatakan dunia kepanduan di Indonesia saat ini terdiri dari empat tingkatan yakni Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega yang disesuaikan dengan usia.

Namun berdasarkan Keputusan Presiden dan Mendikbud tahun 2019, dalam mendukung pembentukan karakter bangsa maka jenjang atau tingkatan pramuka ditambah. Tadinya tingkatan awal tersebut Pramuka Siaga, maka terhitung sejak tahun 2019 launching Pramuka Prasiaga oleh Kwaran Nasional dan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo.

“Pramuka Prasiaga sendiri mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2019 oleh Kwartir Nasional. Pengenalan pramuka pada anak usia dini merupakan upaya pendidikan karakter melalui model pembelajaran yang ditujukan memenuhi delapan kecerdasan anak usia dini, dan perangsangan perkembangan motorik serta perkembangan kognitif pada anak usia dini,” jelasnya.

Sementara Ketua PD IGRA Majalengka Tating Sariningsih SPd mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan Prasiaga kedua yang dilakukan pihaknya secara gebyar. Pertama di tahun 2019 awal dan sekarang di tahun 2022. Sementara di tahun 2020 dan 2021 ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Meski demikian sebutnya kegiatan bisa berjalan lancar dan cukup meriah. bahkan para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Alhamdulilah kegiatan pramuka Pra Siaga kali ini bisa kita gelar kembali seiring meredanya pandemic Covid-19, mudah mudahan Covid bisa segera hilang dan kita kembali dalam aktivitas normal,” pungkasnya. (pai)

 

Sumber: