Bansos PKH Dipotong, Laporkan!

Bansos PKH Dipotong, Laporkan!

MONEV. Pelaksanaan Movev Program PKH di Desa Kroya, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu, Kamis (30/6/2022).--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU - Kordinator Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Jawa Barat, H Atoillah SH MA menegaskan, pemotongan jatah bansos PKH oleh oknum tidak dibenarkan. Jika terjadi, keluarga penerima manfaat (KPM) jangan segan melapor. 

Hal itu ditegaskan Atoillah saat melakukan Monev di Desa Kroya, Kecamatan Kroya, Indramayu, Kamis (30/6/2022). Di hadapan KPM dan pendamping PKH lainnya, Atoillah berujar, fungsi utama bansor PKH ialah meningkatkan kualitas hidup penerimanya. 

"Program Keluarga Harapan adalah program yang memberikan bantuan tunai bersyarat (Conditional Cash Transfer / CCT) kepada keluarga sangat miskin atau rentan miskin. Secara umum tujuan PKH adalah untuk meningkatkan kualitas SDM serta mengubah perilaku peserta PKH," ujar Atoillah.

BACA JUGA:Jangan Ragu Laporkan Pelecehan Seksual di Kereta

Selain itu, Atoillah mengatakan, kegiatan Monev juga bertujuan mengevaluasi kualitas pelaksanaan Program PKH, kususnya di Kabupaten Indramayu agar berjalan secara optimal. Kegiatan Monev ini didampingi oleh kordinator kabupaten (Korkab) dan Pendamping PKH. 

Atoillah menyampaikan pesan kepada para KPM untuk komitmen hadir dalam pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang diadakan sebulan sekali oleh Pendamping PKH.

"Serta pemanfaatan Bansos PKH untuk keperluan sekolah anak-anaknya, selain itu jikalau ada potongan oleh oknum harap segera lapor ke nomer pengaduan yang tertera agar bisa ditindaklanjuti dengan tujuan bahwa bansos PKH diterima masyarakat diterimah utuh tanpa ada potongan," tegasnya.

BACA JUGA:IKMI Sosial Bakal Sambangi Desa Cikawung Indramayu

Menurut Atoillah, agar pelaksanaan Program PKH berjalan optimal,  Pendamping PKH harus bersama-sama aktif dan rajin melaksanakan tugas dan kewajiban. Diharapkan  Program PKH  benar-benar berdampak positif untuk perubahan perilaku KPM sehingga berimbas positif ke Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Di lokasi yang sama, Panca Deniana, Sebagai Kordinator Pendamping PKH Kecamatan Kroya berharap Pendamping PKH saling mensupport atas apa yang telah di sampaikan oleh Korwil dan Korkab untuk bersama-sama di jadikan sebuah pengingat dalam melaksanakan tugas dan kewajiban. (wan)

Sumber: