Perajin Tusuk Sate Banjir Pesanan

Perajin Tusuk Sate Banjir Pesanan

LARIS. Perajin tusuk sate di Babakan Jawa Kecamatan Majalengka memperbanyak produksi menjelang Idul Adha 2022.--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA – Menjelang lebaran Idul Adha yang biasanya melimpah daging kurban, membuat produksi sujen atau tusuk sate meningkat lebih banyak termasuk di Majalengka. Jika belum mendekati momen lebaran Idul Adha atau Idul Kurban, maka pesanan sujen sehari paling banyak 15 sampai 20 ikat. Namun saat ini, pesanan sudah mencapai 50 sampai 70 ikat sehari.

Pengrajin sujen atau tusuk sate di Babakan Jawa Kecamatan Majalengka, Ti’ah (57) mengatakan dirinya telah cukup lama menggeluti usaha membuat tusuk sate atau sujen.

“Sudah 30 tahun lalu, emak sudah produksi sujen. Saat ini sehari pesanan mencapai 50 sampai 70 ikat. Hari ini sudah siap dikirimkan ke pemesan,” ungkapnya, Sabtu (2/7).

Tiah menambahkan, untuk bahan bakunya dia sudah memiliki langganan yang siap mengirimkan bambu ke rumahnya.  “Ada yang ngirim ke sini. Bambunya di sini saya potong sendiri, jadi masih gelondongan,” ungkapnya.

Sementara penjual sate di Majalengka, Uri mengatakan pihaknya selalu memesan dan membeli sujen atau tusuk sate dari warga lokal. “Itung-itung pemberdayaan. Tapi kalau untuk jualan sate pada saat lebaran kurban, kami tutup dulu,” ungkapnya. (hsn)

Sumber: