Mahasiswa Tingkatkan Kompetensi Masyarakat

Mahasiswa Tingkatkan Kompetensi Masyarakat

BERI LATIHAN. Kegiatan mahasiswa saat memberikan pelatihan kepada masyarakat.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sebanyak tujuh mahasiswa yang tergabung dalam program Kampus Merdeka, terlibat dalam program pemberdayaan dan peningkatan kompetensi masyarakat disekitar pembangkit listrik Cirebon Power.

Tujuh mahasiswa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia itu, ikut membantu merealisasikan program-program pemberdayaan masyarakat, yang digagas oleh perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power.

Siti Khotimah, mahasiswi Politeknik Tegal Harapan Bersama menuturkan, bahwa program Kampus Merdeka, merupakan program dari Kementerian Pendidikan. "Program kampus merdeka itu, programnya banyak. Salah satunya yaitu program magang merdeka," kata Siti, Rabu (6/7).

Program magang merdeka ini, para mahasiswa terlibat bekerja langsung didalam sebuah perusahaan. Salah satunya di Cirebon Power. Di perusahaan pembangkit listrik tersebut, para mahasiswa ditugasi untuk melakukan pemberdayaan dan peningkatan kompetensi masyarakat dalam sejumlah hal.

"Kami mengadakan kursus komputer, pelatihan bahasa inggris dan lainnya," kata Siti.

Muhammad Fikri Ramadan, mahasiswa dari Universita Komputer Indonesia Bandung mengatakan, dirinya mendapatkan tanggungjawab, untuk melatih masyarakat dalam hal Informasi dan Teknologi (IT).

Ia mengaku sudah melatih masyarakat sekitar PLTU dalam menguasai aplikasi perkantoran, pemanfaatan google form untuk guru dan memaksimalkan online shope bagi warga yang memiliki usaha. "Kami latih secara gratis bagi warga," kata Fikri.

Kehadiran para mahasiswa magang merdeka ini, bukan hanya dirasakan oleh kalangan dewasa dan orang tua saja, namun juga anak-anak. Selama magang di Cirebon Power, mereka juga memiliki program pendampingan bagi siswa tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Dengan memanfaatkan perpustakaan Cirebon Power, para mahasiswa mengajak siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di sekitar Cirebon Power, untuk belajar bersama di perpustakaan.

Watini, salah satu orang tua siswa, menyambut baik program yang digagas oleh para siswa magang ini. Watini mengaku secara rutin mengantarkan anaknya ke perpustakaan Cirebon Power.

"Kesini setiap jam 1 siang. Mulai Senin -Kamis," kata Watini.

Ia lebih mengarahkan anaknya untuk ikut berkegiatan di perpustakaan Cirebon Power, dengan dipandu oleh para mahasiswa magang. Karena menurut Warga Blok Kandawaru ini, banyak manfaat yang dirasakan, saat mengikuti kegiatan di perpustakaan.

"Anak saya dilatih mengenal huruf, membaca dan menulis," kata Watini.

Program yang dilakukan oleh para mahasiswa magang merdeka di Cirebon Power, manfaatnya juga dirasakan oleh Sahroni. Guru dari SMK Yanuda Tama Munjul ini, mengikuti salah satu pelatihan pemanfaatan google form untuk pembelajaran siswa.

"Alhamdulillah bisa ikut pelatihannya dan sangat bermanfaat," kata Sahroni.

Program magang merdeka yang sudah dilaksanakan sejak bulan maret lalu ini, rencananya akan berakhir pada akhir juli nanti. (zen)

Sumber: