Pasca Pandemi, UMKM Bergeliat Lagi

Pasca Pandemi, UMKM Bergeliat Lagi

MULAI BANGKIT. Salah satu karyawan Rollia Bakery sedang menata aneka kue di tokonya.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Pasca pandemi, pelaku UMKM mulai bergeliat lagi. Mengembangkan usahanya. Bahkan, bisa menyerap tenaga kerja, membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran.

Hal itu, seperti yang dilakukan pemilik Rollia Bakery di Matangaji Sumber Kabupaten Cirebon, Puja. Ia mengaku UMKM kini sedang bergeliat. Berpotensi membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Beberapa pelaku UMKM pun mulai bangkit. Mengembangkan usahanya.

"Pandemi kemarin dampaknya terasa ke berbagai sektor. Termasuk kita pelaku UMKM. Tapi sekarang kan sudah mulai menurun kasusnya. Jadi kami punya peluang untuk bisa mengembangkan usaha kami," kata Puja, kemarin.

Puja merintis usahanya dari nol. Bermula dari usaha rumahan. Mengolah aneka kue. Kini, memberanikan diri dengan melebarkan sayap. Membuat tempat penjualan yang lebih refresentatif.

"Meredanya pandemi, harus disambut dengan suka cita. Bagi kami, ini menjadi angin segar. Kami optimis, kedepannya usaha kami bisa bergeliat," katanya.

Rupanya, keberadaan Rollia Bakery ini selain mampu membantu peningkatan ekonomi keluarga, juga menjadi peluang kerja bagi ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak yang baru lulus SMA. Terutama, mereka yang mau belajar berwirausaha.

“Kami terbuka, siap bermitra dengan siapa saja," katanya.

Terbukti, saat ini, pihaknya sudah melakukan penjajakan dengan kalangan anak muda. Mereka diterima kerja. Termasuk para pelaku UMKM rumahan. Karena berangkat dari usaha rumahan, Rollia Bakery pun tidak menutup diri. Sebagai pemilik, Puja sangat terbuka bagi siapapun yang ingin bermitra.

"Kalau aneka kue olahan produk UMKM sudah jelas prioritas kami. Ibu-ibu rumah tangga yang memiliki kreasi aneka makanan. Kue-kue maupun anak muda yang mau belajar usaha. Silakan, kami terbuka. Diluar itupun bagi yang ingin bermitra, kami sangat terbuka. Makanya, bisa dilihat, produk lain juga tersedia. Tertata di toko kami," pungkasnya. (zen)

Sumber: