Pengurus KORMI Harus Memahami Tugas

Pengurus KORMI Harus Memahami Tugas

PELANTIKAN. Prosesi pelantikan dan pengukuhan Pengurus KORMI Kabupaten Indramayu masa bhakti 2022-2026. Pengurus KORMI diminta menghidupkan kembali olahraga rekreasi dan tradisional.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Keberadaan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Indramayu diminta memberikan kontribusi secara maksimal. 

Hal ini diungkapkan Bupati Indramayu Nina Agustina yang menginginkan olahraga rekreasi dan tradisional (ortrad) dapat kembali bangkit di Kota Mangga.

Menurut Nina, pengurus KORMI Kabupaten Indramayu masa bhakti 2022-2026 yang baru saja dilantik, dan para camat se-Kabupaten Indramayu yang dikukuhkan sebagai Koordinator KORMI Kecamatan se-Kabupaten Indramayu harus memahami tugas fungsinya. Sehingga ortrad dapat kembali bangkit. 

“Semoga dengan pelantikan KORMI Kabupaten Indramayu dan Koordinator KORMI Kecamatan se-Kabupaten Indramayu ini dapat membangkitkan kembali olahraga rekreasi dan tradisional,” kata Nina usai memimpin pengukuhan pengurus KORMI, Selasa (12/7).

Dikatakannya, KORMI mempunyai tugas besar dalam mengembangkan dan mempopulerkan olahraga rekreasi. 

Alasan ini, kata dia, karena merupakan warisan leluhur dan memiliki nilai filosofi yang tinggi, rasa kebersamaan dan kerjasama, semangat gotong royong, serta saling menghargai menjadi nilai luhur yang patut dilestarikan.

“Kita akan senang dan bahagia dengan melestarikan olahraga rekreasi ini, dan ini upaya KORMI mengajak masyarakat untuk melestarikan olahraga yang sudah diwariskan leluhur dahulu,” jelasnya.

Nina menginginkan, dengan pelantikan KORMI Kabupaten Indramayu dan Koordinator KORMI Kecamatan Indramayu bisa kembali mempopulerkan ortrad melalui berbagai program yang dicanangkan di setiap desa di Indramayu. Hal ini dalam rangka menunjukan kekompakan untuk menuju Indramayu Bermartabat.

“Kita ingin setiap balai desa memiliki kegiatan untuk menggaungkan olahraga tradisional atau rekreasi ini, seperti engklek, egrang atau bakiak sambil melaksanakan kegiatan Jumat bersih antar lingkungan kecamatan atau kantor desa. Hal ini untuk mengasah kekompakan kita dalam bekerja dan mewujudkan Indramayu Bermartabat,” pintanya.

Keberadaan KORMI, lanjutnya, Kabupaten Indramayu akan menjadi solid dan menjadikan semua program-program yang membawa pembinaan kepada atlet dalam rangka mencetak atlet-atlet olahraga rekreasi dan tradisional. 

“Nantinya bisa menghasilkan atlet yang berprestasi dan dapat membawa harum Indramayu,” kata Nina.

Sementara itu, Ketua Umum KORMI Provinsi Jawa Barat, Denda Alamsyah menyampaikan apresiasi kepada KORMI Kabupaten Indramayu yang mampu menunjukan keseriusan. 

Baik dalam menjalankan organisasi yang sempat terhenti, maupun pembinaan atlet yang sudah berhasil membawa harum Indramayu pada pagelaran Festival Olahraga Rekreasi Provinsi (Forprov) ke-4 Jawa Barat tahun 2022.

“Saya mengapresiasi kepada KORMI Kabupaten Indramayu yang baru saja dilantik tetapi yang diketuai Bapak Sirojudin ini sudah bekerja, jadi baru diberikan SK sudah langsung berlari. Jadi memang waktu itu KORMI Indramayu mati suri tetapi dengan adanya informasi ingin KORMI Indramayu di restrukturisasi yang diinginkan oleh Bapak Sirojudin dengan sesuai keinginan Bupati Indramayu Nina Agustina, akhirnya kita bisa lihat sekarang dan luar biasa beberapa atletnya meraih medali pada kejuaraan Forprov Jawa Barat,” pungkasnya. (tar)

Sumber: