Camat Dukung Pengembangan Bukit Goprak

Camat Dukung Pengembangan Bukit Goprak

PENGHIJAUAN. Camat Sindangwangi mendukung kawasan bukit Goprak Desa Lengkong Kulon menjadi area penghijauan dan destinasi wisata agro.--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Dalam rangka mengantisipasi potensi bencana alam baik longsor, banjir sekaligus pengembangan konsep wisata sesuai instruksi Bupati Majalengka, Pemerintah Kecamatan Sindangwangi bekerja sama dengan Pemerintah Desa Lengkong Kulon menggelar aksi penghijauan melalui gerakan penanaman pohon keras.

Camat Sindangwangi, Bani Fadilah Ranandar SSTP MAP mengatakan, gerakan penghijauan atau penanaman pohon selain sesuai instruksi langsung Bupati Majalengka dan kementrian dalam rangka mengantisipasi potensi bencana alam, sekaligus aktualisasi dari konsep revolusi mental.

Kegiatan yang digelar di Bukit Goprak Desa Lengkong Kulon tersebut, sebagai salah satu upaya untuk mendorong pembentukan kawasan tersebut sebagai kawasan wisata agro di Sindangwangi. Apalagi pihak kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah merespon positif Pemdes Lengkong Kulon dan karang taruna, dalam mengelola Bukit Goprak menjadi salah satu destinasi wisata.

“Tujuanya selain untuk meminimalisir potensi bencana di kawasan bukit ini, juga sekaligus sebagai upaya untuk mendukung konsep wisata agro yang tengah dirintis Pemdes Lengkong Kulon. Nantinya pohon yang ditanam saat ini, akan menjadi penguat sekaligus memperindah kawasan Goprak,” terangnya.

Sementara itu Bupati Majalengka Dr H karna Sobahi MMPd saat kunjunganya ke Desa Lengkong Kulon, sempat menayakan sejauh mana progres dan perkembangan pembangunan kawasan wisata tersebut. Pihaknya mengaku sangat mensuport kegiatan yang dilakukan karang taruna dan pemdes, sebagai salah satu upaya menggali potensi asli desa yang diharapkan bisa berimbas pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Segera dilakukan penataan, agar nantinya lokasi tersebut bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa menimbulkan multi efek player pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucapnya di hadapan Kepala Desa Lengkong Kulon.

Jawahir, Kepala Desa Lengkong Kulon menambahkan saat ini pengelolaan dan penataan lokasi tersebut sepenuhnya sudah diserahkan ke pihak BUMDes dan karang taruna. Kondisi Bukit Goprak sudah lebih tertata meski belum maksimal. Selanjutnya pemdes akan focus pada pembangunan di lokasi tersebut, guna mendukung terwujudnya kawasan wisata agro Lengkong Kulon.

“Mudah mudahan nanti dalam Musdes, bisa kita dorong agar ada alokasi anggaran yang bisa kita serap dan kita gunakan untuk menata lokasi tersebut,” ucapnya singkat.

Sementara itu Maman Lete, ketua karang taruna sekaligus koordinator penataan lokasi Goprak mengatakan, saat ini pihaknya sudah membangun sejumlah fasilitas diantaranya gazebo, spot foto dan lainya. Dananya kata dia berasal dari iuran pribadi para pemuda dan perangkat serta lembaga desa.

“Kita masih terbentur anggaran, sehingga untuk penataan awal ini selain kita menggunakan anggaran dari BUMDes kita juga mencari donator. Baik dari pribadi perangkat dan lembaga desa, juga dari para pemuda di desa kami,” pungkasnya. (pai)

Sumber: