Saat di Kamar Istri Kadiv Propam, Brigadir J Panik Ada Suara Langkah Kaki

Saat di Kamar Istri Kadiv Propam, Brigadir J Panik Ada Suara Langkah Kaki

Kediaman Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo.--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Insiden berdarah terjadi di rumah dinas pejabat Polri, Irjen Ferdy Sambo yang merupakan Kadiv Propam Polri. Sore itu, Jumat (8/7) sekira pukul 17.00 WIB, nyawa Brigadir Polisi Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J melayang.

Brigadir J ditembak oleh Bharada E di rumah milik Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan. Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto mengungkapkan kronologi insiden baku tembak Brigadir J dengan Bharada E.

Kombes Budhi mengatakan, peristiwa naas itu bermula ketika istri Irjen Ferdy Sambo, PC sedang berbaring di kamarnya karena lelah setelah pulang dari luar kota.

"Nah, pada saat itu, tidak diketahui oleh orang lain, tiba-tiba Brigadir J (Yosua) masuk dan kemudian melakukan pelecehan terhadap ibu (istri Irjen Ferdy Sambo, red)," ujarnya di Mapolres Jakarta Selatan, Selasa (12/7) seperti yang dilansir JPNN.

Hanya saja, Kombes Budhi tidak menjelaskan detail bentuk pelecehan yang diduga dilakukan Brigadir Yosua terhadap PC.

Perwira menengah Polri itu mengatakan, saat itu PC langsung terbangun karena kaget dan menegur Brigadir Yosua.

"Saudara J membalas, 'diam kamu!', sambil mengeluarkan senjata yang ada di pinggang dan menodongkan ke ibu kadiv (Putri, red)," tutur Budhi.

Sontak, PC berteriak minta pertolongan kepada personel polisi lain yang memang berada di rumah itu.

"Di situlah saudara J panik, apalagi mendengar ada suara langkah orang berlari yang mendekat ke arah suara permintaan tolong tersebut," ucapnya.

Suara langkah kaki tersebut berasal dari Bharada E yang bergegas ke arah sumber suara teriakan minta tolong dari lantai dua rumah milik Irjen Ferdy Sambo.

"Kebetulan saudara RE (Bharada E) berada di lantai dua rumah tersebut, bersama dengan saksi K. Baru separuh tangga, RE kemudian melihat saudara J keluar dari kamar tersebut dan menanyakan ada apa. Bukan dijawab, tetapi dilakukan dengan penembakan," tutur Budi.

Tembakan Brigadir Yosua ke arah Bharada E meleset dan hanya mengenai tembok rumah. Bharada E berlindung di tangga. "Karena saudara RE (Bharada E) juga dibekali senjata, dia kemudian mengeluarkan senjata yang ada di pinggangnya. Nah ini kemudian terjadi baku tembak," ucap Budhi.

Alumnus Akpol 1996 itu mengatakan, polisi menemukan beberapa lubang tembakan di tembok rumah tersebut. "Di TKP (tempat kejadian perkara, red) kami menemukan adanya bekas tembakan di tembok yang ada di tangga itu sebanyak tujuh bekas atau titik tembakan," ujar Kombes Budhi.

Brigadir Yosua pun akhirnya kalah dalam adu tembak tersebut dan tewas di tempat.

Hasil autopsi kami mendapatkan bahwa ada tujuh luka tembak masuk dan enam luka tembak keluar. Dan satu proyektil bersarang di dada Brigadir J," pungkas Kombes Budhi. (jpnn/rakcer)

Sumber: