Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

PELAYANAN. Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi menghadiri launching program Sikasep Membara di Puskesmas Ligung, Rabu (20/7).--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi MMPd melaunching program Sikasep Membara di Puskesmas Ligung, Rabu (20/7). Kegiatan ini juga sekaligus pemeriksaan dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM), pemeriksaan Iva test, gula darah, kolestrol, tekanan darah, dan khitanan masal untuk 50 anak di Kecamatan Ligung secara gratis.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka H Agus Susanto dalam laporannya menjelaskan, Dinas Kesehatàn terus melakukan inovasi dalam hal kesehatan sebagai wujud untuk meningkatkan taraf kesehatan di setiap pelosok daerah.

Program inovasi di setiap Puskesmas akan meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Selain itu di setiap puskesmas kita instruksikan pemeriksaan dini serta preventif kesehatan.

“Upaya kesehatan preventif adalah suatu upaya melakukan berbagai tindakan untuk menghindari berbagai masalah kesehatan yang mengancam masyarakat. Usaha pencegahan suatu penyakit lebih baik daripada mengobati,” tutur Agus.

Program inovasi di setiap puskesmas akan digalakan untuk memotivasi pelayan kesehatan di setiap puskesmas. Sikasep Membara atau Aksi Keluarga Sehat Enyahkan Penyakit Menuju Majalengka Bagja Raharja, merupakan salah satu inovasi dari Puskesmas Ligung untuk mendongkrak capaian indikator PIS-PK dan penyakit tidak menular.

“Inovasi ini ditunjukan untuk mendukung inovasi Dinas Kesehatan Mekar Membara dan Puskesmas Nganjang Ka Imah, serta mendukung pencapian standar pelayanan bidang kesehatan,” tutur Agus.

Bupati Majalengka mengharapkan gagasan inovasi menjadikan salah satu program yang harus menyentuh langsung ke masyarakat. Dengan inovasi sebagai bentuk terobosan dalam mewujudkan program pemerintah yang berjenjang, dan diharapkan akan meningkatkan kualitas pelayanan pada bidang kesehatan.

Dari sekian banyak inovasi yang digagas Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas se Kabupaten Majalengka, semuanya merupakan implementasi dari visi dan misi Kabupaten Majalengka.

“Inovasi yang digagas di setiap dinas merupakan implementasi dari visi Majalengka yaitu terwujudnya masyarakat yang sejahtera, serta meningkatnya kualitas pendidikan dan kesehatan yang merata dan terjangkau,” jelas bupati. (rls)

Sumber: