Genjot Pendapatan, Samsat Buka Layanan Sore Hingga Malam

Genjot Pendapatan, Samsat Buka Layanan Sore Hingga Malam

SAMBIL NGOPI. Samsat Indramayu I membuka pelayanan ekstra yang dilakukan pada sore hingga malam hari. Masyarakat yang hendak membayar pajak bisa sambil ngopi dan mencicipi hidangan gratis.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU-Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) atau Samsat Kabupaten Indramayu I melakukan terobosan. 

Yaitu berupa pelayanan ekstra yang dilakukan pada sore hingga malam hari khusus pada hari tertentu.

Langkah tersebut dalam rangka meningkatkan pendapatan dari sektor pajak kendaraan.

Layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang menjadi inovasinya terbilang sangat memanjakan para wajib pajak. 

Layanan ekstra pembayaran pajak tersebut bertajuk Pelayanan Asyik Nongki Messra Sama Bapak, atau Nongkrong Ngopi Ning Mess Indramayu Samsat Sambil Bayar Pajak.

Kepala Samsat Kabupaten Indramayu I, Adang Surahmin mengatakan, inovasi pelayanan tersebut dilaksanakan setiap hari Selasa mulai pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB di halaman Mess Samsat Indramayu I. 

Oleh karena itu, masyarakat diberikan kesempatan membayar pajak pada sore hari hingga malam hari sambil ngopi dan ngobrol santai.

"Kegiatan ini sebelumnya dilaksanakan setiap malam Jumat. Atas dasar saran dari berbagai unsur masyarakat, waktunya diubah menjadi malam Rabu," jelas Adang Surahmin, Rabu (20/7).

Setelah inovasinya dilaunching pada Selasa (19/7), disebutkannya telah banyak masyarakat yang melaksanakan kewajibannya membayar pajak. Tercatat sejumlah 16 pemilik kendaraan bermotor (KBM) yang membayar pajaknya.

Pada layanan inovasi perdana ini tercatat ada sebanyak 16 KBM yang terdiri dari kendaraan roda 2 sebanyak 15 KBM, dan kendaraan roda 4 sebanyak 1 KBM. Semuanya melakukan pembayaran PKB dengan nilai pendapatan sebesar Rp11.548.200.

"Alhamdulillah, perolehan sebesar ini murni hanya berasal dari pembayaran PKB, tidak ada perolehan dari denda," terangnya.

Dikatakannya, masyarakat yang hendak membayar pajak sambil menunggu proses pembayaran pajak bisa sambil ngopi dan mencicipi hidangan gratis yang telah disediakan Samsat Indramayu I. Tidak hanya itu, para wajib pajak juga memperoleh bingkisan gratis.

"Bagi wajib pajak yang mengantri bisa ngopi dan nongkrong gratis, disini juga kita sediakan cemilan dan bingkisan bagi wajib pajak yang sudah membayar pajak,” imbuhnya. (tar)

Sumber: