Kuasa Hukum Cek Makam Brigadir J, Siap-siap Bongkar dan Visum Ulang

Kuasa Hukum Cek Makam Brigadir J, Siap-siap Bongkar dan Visum Ulang

Makam Brigadir J--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Bareskrim Polri memastikan akan segera melakukan autopsi ulang jenazah Brigadir J atau Nofryansah Yosua Hutabarat yang tewas dalam insiden baku tembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Ditanya kapan jadwal proses ekshumasi atau penggalian kubur dilakukan, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo belum menyebut tanggal.

"Informasi yang saya dapatkan dari kepala tim sidik Pak Dirtipidum, sebenarnya dari komunikasi Pidum dengan pihak pengacara ini, kalau bisa secepatnya, makin cepat maka proses ekshumasi ini juga makin baik," kata Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jumat (22/7).

Jenderal polisi bintang dua itu mengatakan autopsi ulang segera dilakukan guna menghindari tingkat kebusukan jenazah.

"Kalau mislanya jenazahnya sudah lama, tingkat pembusukan makin lebih rusak, kalau makin rusak, autopsi ulang atau ekshumasi semakin sulit," beber perwira tinggi polisi asal Madiun, Jatim, itu.

Tim kuasa hukum keluarga Brigadir J rencananya akan melakukan survei lokasi jelang pelaksanaan autopsi ulang jenazah Brigadir J.

Kamaruddin Simanjuntak selaku kuasa hukum keluarga Brigadir J mengatakan bahwa hari ini, Sabtu 23 Juli 2022, pihaknya akan mengunjungi makam Brigadir J.

"Rencana awalnya, autopsi ulang itu akan dilakukan di dekat makam almarhum. Namun besok akan kita cek kelayakan tempatnya," kata Kamaruddin di Jambi, Jumat (22/7) malam.

Kamaruddin, salah satu sosok penting dalam pengungkapan kasus ini, menyebut opsi kedua tempat dilakukan autopsi ulang jenazah Brigadir J adalah Rumah Sakit Sungai Bahar yang lokasinya tidak jauh dari makam.

"Opsi kedua itu di rumah sakit di sana ya, nanti akan kita lihat yang mana tempat lebih memungkinkan," tambah Kamaruddin.

Kapan kiranya jadwal autopsi ulang itu dilakukan, dia menjawab kemungkinan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J dilakukan pada awal pekan depan.

"Kita (tim kuasa hukum keluarga Brigadir J) tinggal melengkapi berkas administrasi, kemungkinan itu hari Senin atau Selasa depan," tambahnya, dikutip dari Jambi Independent.

Direktur Rumah Sakit Sungai Bahar, dr Aang saat dikonfirmasi juga mengatakan, pihaknya akan menyiapkan tempat jika rumah sakit itu ditunjuk menjadi tempat pelaksanaan autopsi ulang.

Penyidik utama Bareskrim Polri Brigjen Pol Agus Suharnoko saat diitanya mengenai jadwal autopsi ulang, juga belum bisa memberikan jawaban.

"Itu nanti dari Bareskrim Polri, pemeriksaan hari ini belum membahas itu," tambahnya di Jambi pada Jumat malam. (jpnn/rakcer)

Sumber: