Kemendagri Puji Inovasi Program Layanan Adminduk

Kemendagri Puji Inovasi Program Layanan Adminduk

TANPA BATAS. Petugas Disdukcapil Indramayu membuka pelayanan program inovasi di kawasan GOR Singalodra. Program inovasi meliputi Pelayanan Adminduk Akhir Pekan setiap Sabtu dan Minggu.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Sejumlah program yang menjadi inovasi pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Kabupaten Indramayu mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Apresiasi itu disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Zudan Arif Fakrulloh saat melihat langsung implementasi inovasi pelayanan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu, Minggu (24/7) di kawasan GOR Singalodra.

Menurut Zudan, sudah sepatutnya kebijakan bupati Indramayu dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat perlu disandingkan dengan adanya upaya inovasi dalam memberikan pelayanan yang baik dan efisien kepada masyarakat. 

Sehingga layanan adminduk yang banyak memiliki program pada Disdukcapil Kabupaten Indramayu patut diapresiasi.

Pelayanan adminduk di Kabupaten Indramayu tentu dari tahun ke tahun berjalan lebih baik. Terlebih kebijakan bupati Indramayu yang menginginkan pelayanan di masyarakat ditingkatkan sudah dilakukan dengan baik oleh Disdukcapil Kabupaten Indramayu buat masyarakat,” jelasnya.

Dirinya menyebut, kepekaan masyarakat terhadap tertib adminduk di Kabupaten Indramayu semakin baik. Terlebih dengan adanya upaya kolaborasi antar perangkat daerah dari Disdukcapil Indramayu yang membuat terobosan layanan sudah nyata memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Apalagi, kata dia, peran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu yang menyebarluaskan infomasi terkait program adminduk kepada masyarakat tersampaikan dengan baik. 

“Di bawah kepemimpinan Ibu Bupati Nina Agustina, kerjasama dan kolaborasi antara Disdukcapil dan Diskominfo memberikan suatu kinerja yang baik. Di satu sisi inovasi layanan adminduk kepada masyarakat, satu sisi lainnya informasi layanan yang disebarkan oleh Diskominfo kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, M Iskak Iskandar mengatakan, pihaknya dalam memberikan layanan adminduk kepada masyarakat kini semakin mudah. Baik pembuatan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian dan Akta Kelahiran bisa dilakukan di manapun melalui layanan program yang menjadi terobosan.

Adapun program inovasi layanan adminduk itu meliputi Pelayanan Adminduk Akhir Pekan setiap Sabtu dan Minggu. 

Kemudian ada Pelayanan Adminduk Tanpa Batas (Dukcapil PATAS) atau layanan adminduk bagi penyandang disabilitas, lanjut usia, masyarakat sakit, dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang belum memiliki KK maupun e-KTP.

Selain kedua program tersebut yang sudah berjalan dan sudah dirasakan manfaatnya, juga memiliki Pelayanan Dukcapil Masuk Sekolah (PENDILMAS). 

Yakni memberikan pelayanan perekaman e-KTP bagi seluruh siswa SLTA se-Kabupaten Indramayu.

“Program ini sangat penting diikuti siswa SLTA yang usianya sudah beranjak 17 tahun untuk memiliki e-KTP. Hal ini tentu banyak manfaat dan memang sudah sepatutnya dimiliki baik untuk keperluan pelayanan perbankan, pelayanan kesehatan, melanjutkan sekolah, untuk menggunakan hak pilih maupun untuk pelayanan dasar lainnya,” pungkasnya. (tar)

Sumber: