Melonjak Lagi, Ada 38 Kasus

Melonjak Lagi, Ada 38 Kasus

KEJAR BOOSTER. Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi didampingi Kapolres Ciko dan Sekretaris Daerah Kota Cirebon meninjau percepatan vaksinasi booster di GCM, kemarin.--

Lama tak terdengar, tiba-tiba informasi mengagetkan muncul dari Kota Cirebon. Angka kasus aktif atau kasus terkonfirmasi Covid-19 bertambah cukup signifikan. Jumlah persisnya mencapai 38 kasus aktif. Itu terlihat dari dashboard https://covid19.cirebonkota.go.id/.

RAKYATCIREBON.ID, PENGAKUAN atas melonjaknya kasus Covid-19, disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi saat diwawancarai sejumlah wartawan, Selasa (26/7) kemarin.

"Saat ini, melihat dashboard di Kota Cirebon ada sekitar 38 kasus aktif," ungkap Agus.

Melihat data secara lengkap di dashboard https://covid19.cirebonkota.go.id/, sampai Selasa kemarin, untuk kasus kontak erat, probable dan suspek tidak ada penambahan, masih di angka nol. Namun untuk kasus terkonfirmasi ada 38 kasus. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi di Kota Cirebon, sejak awal pandemi sampai saat ini tembus angka 16.137 kasus.

Namun demikian, dijelaskan Agus, sesuai dengan laporan terakhir dari Kepala Dinas Kesehatan, ke-38 kasus aktif ini bisa dikendalikan, bahkan beberapa sudah mulai membaik.

"Tapi informasi dari Kadinkes, semuanya relatif bisa dikendalikan, isolasi secara mandiri. Ada beberapa memang yang sudah dinyatakan sembuh," jelasnya.

Kasus-kasus aktif ini, masih kata Agus, didominasi oleh kasus tanpa gejala. Meskipun ada beberapa yang memperlihatkan gejala, namun masih dalam kondisi yang stabil. "Secara umum gejalanya ringan. Sehingga bisa isolasi secara mandiri di rumah," paparnya.

Maka dari itu, melihat perkembangan Covid-19 saat ini, Pemkot Cirebon akan menggencarkan kembali vaksinasi. Meskipun diakui, animo masyarakat terhadap vaksinasi saat ini mulai berkurang, dan itu menjadi PR pemerintah untuk memaksimalkan capaian vaksinasi. Terlebih untuk vaksin booster.

"Percepatan booster, dengan bantuan kepolisian, akselerasi akan semakin cepat. Saat ini sedang dikaji, apakah booster juga disyaratkan untuk pelayanan-pelayanan publik. Seperti KTP, perizinan dan lain-lain. Untuk kembali menarik minat masyarakat menyempurnakan vaksinasi mereka," imbuh Agus. 

WAKAPOLDA PANTAU VAKSINASI

Seiring dengan mulai merebaknya kasus Covid-19, sesuai instruksi pemerintah di tingkat pusat, jajaran kepolisian kembali menggencarkan vaksinasi untik vaksin ketiga atau booster.

Di Kota Cirebon, pelaksanaan vaksinasi yang digelar Polres Cirebon Kota di Grage City Mall, ditinjau langsung oleh Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi.

Bahkan, secara virtual, Wakapolda mengecek dan memastikan percepatan vaksin booster di Jabar berjalan sesuai dengan harapan.

Dalam penyampaiannya pada sesi Zoom Meeting dengan seluruh jajaran Polres di Jawa Barat, Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi menyampaikan bahwa sampai Selasa kemarin, percepatan vaksinasi booster oleh jajaran kepolisian, khususnya di Jawa Barat sudah memasuki hari ketujuh.

Sumber: