BI Goes to School, Gerakan Masif Cinta dan Bangga Rupiah

BI Goes to School, Gerakan Masif Cinta dan Bangga Rupiah

LAUNCHING. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon melaunching program Cinta Bangga dan Paham Rupiah (CBPR) Goes to School. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon melaunching program gerakan Cinta, Bangga, Paham Rupiah Goes To School. Program ini dilaunching untuk kalangan sekolah, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA di Kota Cirebon. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo menyampaikan bahwa program Cinta, Bangga dan Paham Rupiah ini merupakan program BI secara nasional. Program ini mengedepankan tujuan untuk menumbuhkan kecintaan, kebanggaan dan pemahaman rupiah kepada masyarakat, terutama saat ini menyasar kalangan anak sekolah. 

"Sesuai dengan namanya, progam ini menanamkan rasa Cinta, Bangga dan Paham Rupiah. Nantinya kami akan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para siswa-siswi di sekolah-sekolah di Kota Cirebon," ungkap Hestu, Rabu (3/8).

Untuk melangsungkan gerakan CBPR ini, lanjut Hestu, BI Cirebon menggandeng Dinas Pendidikan Kota Cirebon, sehingga setelah dilaunching kemarin, BI Cirebon dan Dinas Pendidikan bersama-sama akan turun ke sekolah untuk menyampaikan sosialisasi dan edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah. 

"Nanti kita sama-sama secara langsung mendatangi ke sekolah menyosialisasikan dan mengedukasi kepada para generasi muda. Terutama SD, SMP dan SMA tentang pemahaman dan cinta bangga terhadap rupiah," jelas Hestu.

Rasa cinta, bangga dan paham rupiah, kata Hestu, sudah seharusnya ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Sehingga mereka bisa menghargai mata uang yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Program, kata dia, merupakan salah satu upaya BI bahwa untuk memastikan cinta dan bangga terhadap rupiah sudah tertanam di seluruh masyarakat. 

Mengenai teknis kegiatan sosialisasi dan edukasinya ke depan, ditambahkan Hestu, terlebih dahulu BI akan meminta rekomendasi kepada Dinas Pendidikan, terkait titik-titik sekolah yang representatif.

"Karena tidak semua sekolah di Kota Cirebon kami datangi. Nanti kami akan meminta kepada dinas, sekolah yang siap didatangi. Kami sudah menyiapkan tim narasumber untuk program sosialisasi edukasi ini," kata Hestu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Cirebon yang ikut hadir dalam launching, Drs H Agus Mulyadi MSi mengapresiasi program edukasi dan sosialisasi yang diluncurkan BI tersebut.

"Kegiatan hari ini diharapkan dapat memberi edukasi kepada anak-anak usia sekolah di Ciayumajakuning tentang gerakan cinta bangga paham rupiah," kata Agus. (sep)

Sumber: