90 Mahasiswa Kesmas Mahardika Yudisium Pertama

90 Mahasiswa Kesmas Mahardika Yudisium Pertama

YUDISIUM. Mahasiswa tingkat akhir STIKes Mahardika mengikuti yudisium sebelum mereka mengikuti prosesi Wisuda. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sedikitnya 90 orang mahasiswa dari Program Studi Keperawatan dan Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika mengikuti yudisium tahun akademik 2022, kemarin. Yudisium tersebut digelar dan diikuti para mahasiswa sebelum mereka mengikuti prosesi wisuda.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Rakyat Cirebon, pelaksanaan yudisium dihadiri langsung oleh Ketua, Wakil Ketua STIKes Mahardika, para dosen dan para peserta yudisium yang dilaksanakan bertempat di Gedung Auditorium Kemuning kampus STIKes Mahardika.

Pembacaan SK kelulusan pada agenda yudisium dibacakan langsung oleh Ketua Program Studi masing-masing.

Dalam keterangannya, Ketua STIKes Mahardika, Dr Yani Kamasturyani SKM MHKes mengatakan, yudisium sendiri merupakan agenda yang rutin digelar pasca para mahasiswa mengikuti ujian sidang skripsi.

Tujuannya, menjadi momentum pembacaan surat keputusan dari pihak kampus, sebagai bentuk pengumuman kelulusan kepada mahasiswa yang telah selesai menempuh pembelajaran di Kampus STIKes Mahardika.

"Ini adalah acara pengumuman, tentunya yang menjadi momen yang ditunggu-tunggu," ungkap Yani.

Selain itu, yudisium ini menjadi salah satu pelayanan di tahap akhir bagi para mahasiswa yang akan menyelesaikan masa studinya.

"Yudisium ini merupakan bentuk tanggung jawab kampus terhadap mahasiswa, setelah dinyatakan lulus, maka mahasiswa tersebut berhak menyandang gelar Sarjana dan Diploma," kata Yani.

Sementara itu, Kasubbag Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (ADAK) STIKes Mahardika, Husni Hidayat Malik SPd menambahkan, agenda yudisium kemarin baru merupakan yudisium yang pertama, dan ke depan dalam waktu dekat akan digelar yudisium ke dua. Rencananya akan digelar sekitar bulan September 2022.

"Yudisium kedua nanti akan digelar dengan peserta mahasiswa dari program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) dan mahasiswa dari Prodi Kebidanan serta Profesi Ners," imbuh Husni. (sep)

Sumber: