Partai Demokrat Daftar ke KPU Hari Ini

Partai Demokrat Daftar ke KPU Hari Ini

DAFTAR HARI INI. Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat, Ir H Herman Khaeron saat diwawancarai mengenai rencana pendaftaran partainya ke KPU RI.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sampai hari ke-4 pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 ke KPU RI, belum semua melakukan pendaftaran. Dari informasi yang berhasil dihimpun Rakyat Cirebon, sampai Kamis (4/8) kemarin, baru ada 12 parpol yang mendaftar ke KPU RI.

Dari 12 parpol tersebut, delapan di antaranya dokumen sudah dinyatakan lengkap oleh KPU, dan bisa melanjutkan ke tahap verifikasi administrasi. Namun dari parpol-parpol calon peserta pemilu, belum terlihat ada daftar nama Partai Demokrat.

Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Ir H Herman Khaeron menyampaikan bahwa DPP Partai Demokrat baru akan melakukan pendaftaran pada hari Jumat tanggal 5 Agustus, hari ini.

"Untuk pendaftaran, kami (Partai Demokrat, red) baru akan mendaftar ke KPU hari Jumat besok (Hari ini, red) jam 15.00," ungkap Kang Hero usai membuka salah satu agenda di Kota Cirebon, kemarin.

Untuk pendaftaran DPP Partai Demokrat ke KPU, lanjutnya, sejak kemarin, 34 ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia sudah hadir di Jakarta untuk ikut ke kantor KPU melakukan pendaftaran.

"Pusat, karena pendaftaran itu di pusat, kami akan daftar besok. Bersama dengan 34 ketua DPD. Jadi 34 ketua DPD saat ini sudah ada di Jakarta. Kami akan mendaftar langsung bersama ketua umum. Mudah-mudahan lancar," lanjutnya.

Mengenai persiapan pendaftaran, dijelaskan Hero, di internal partai, sejak jauh-jauh hari, DPP Partai Demokrat sudah mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, terutama persyaratan administrasi.

"Persiapannya sudah. Kami sudah 100 persen. Sipol untuk persyaratan verifikasi administrasi kami sudah 100 persen. Kemudian administrasi, baik di tingkat pusat 100 persen, provinsi dan tingkat kota, sampai tingkat DPAC kami sudah 100 persen. Ini kan pendaftaran di tingkat pusat. Baru nanti kalau dinyatakan lengkap ya sudah lengkap. Tinggal jika masih ada kekurangan masing-masing DPC akan melengkapi," jelasnya.

Pasca tahapan pendaftaran dan verifikasi administrasi, sesuai dengan ketentuan dalam PKUP nomor 04 tahun 2022 tentang pendaftaran dan verifikasi parpol calon peserta pemilu, maka akan dilanjutkan dengan pengumuman dan penetapan parpol peserta pemilu, serta pengundian nomor urut parpol.

Ditanya mengenai nomor urut, Hero pun tak muluk-muluk, hanya ingin nomor yang sekiranya mudah diingat oleh masyarakat.

"Memang kami berdiskusi dengan ketua umum. Beberapa parpol mendaftar dengan menampilkan beberapa keunikan tersendiri, Demokrat. Lihat saja nanti, pasti lain dari yang lain. Pengumuman parpol peserta pemilu itu akan diumumkan tanggal 14 Desember. Kemudian pengundian nomor urut, kita ingin nomor yang mudah diingat. Berdoa yang terbaik saja," imbuh petinggi parpol dengan nomor urut 14 di Pemilu 2019 tersebut. (sep)

Sumber: