Generasi Muda Harus Melek Literasi

Generasi Muda Harus Melek Literasi

DELEGASI. Pokja Gerakan Literasi Nasional Gareulis Indramayu diberangkatkan ke Bandung untuk mengikuti Festival dan Penganugerahan Literasi GLN Gareulis Jabar.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Kelompok Kerja (Pokja) Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Kabupaten Indramayu menjadi delegasi Festival dan Penganugerahan Literasi GLN Gareulis Provinsi Jawa Barat tahun 2022. 

Pokja ini terdiri dari perwakilan sebelas sekolah yang dinyatakan sebagai nominator Penganugerahan Literasi GLN Gareulis. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu, Iwan Hermawan mengatakan, event yang dijadwalkan berlangsung mulai Sabtu (6/8) ini dipusatkan di Gedung Youth Centre Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda Nomor 140 Sukamiskin, Kota Bandung.

Adapun sebelas sekolah tersebut yakni SDN 2 Teluk Agung, SMPN 1 Sindang, SMPN 2 Sindang, SMPN 4 Sindang, SMPN Unggulan Sindang, SMPN 2 Indramayu, SMPN 1 Kandanghaur, SMPN 1 Haurgeulis, SMAN 1 Sindang, SMAN 2 Indramayu, dan SMAN 1 Terisi.

Menurut Iwan, GLN Gareulis Jabar lahir sebagai pengejawantahan dari Surat Keputusan (SK) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jabar Nomor 181/PUS.05.06.03/KEP-DISPUSIPDA/2021. 

SK ini, kata dia, tentang Pokja Literasi GLN Gareulis Jabar sebagai bentuk kepedulian praktisi, pemerhati pendidikan, dan pegiat literasi terhadap peningkatan implementasi literasi di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat.

“Program ini sudah berlangsung selama periode 2020-2021 dan diikuti lebih dari 5 ribu peserta,” kata Iwan usai melepas Pokja GLN Gareulis Indramayu, Jumat (5/8). 

Kategorinya, lajutnya, yaitu Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Masyarakat (GLM), dan Gerakan Literasi Keluarga (GLK) dari 27 kota atau kabupaten/kota se-Jawa Barat.

“Kabupaten Indramayu yang terpilih sebagai nominator atas keberhasilan peserta menyelesaikan tantangan literasi. Pada 6 Agustus besok (hari ini, red) akan diselenggarakan Penganugerahan dan Festival Literasi tingkat Jawa Barat,” jelas Iwan. 

Seperti yang diinginkan Bupati Nina Agustina, lanjutnya, GLN Gareulis Kabupaten Indramayu yang mengikuti Penganugerahan dan Festival Literasi GLN Gareulis Jabar diharapkan bisa meraih juara. 

“Semoga perwakilan Indramayu menjadi juara di tantangan dan lomba literasi GLN Gareulis Jawa Barat tahun 2022 dan mengharumkan nama Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Meski demikian, kata dia, apapun hasil yang diraih nanti diharapkan pula bisa memotivasi masyarakat Indramayu. Terutama generasi muda untuk membangun minat dan gemar membaca. 

Selain itu, juga dapat mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) Indramayu yang sudah menyediakan tempat membaca untuk menggali ilmu pengetahuan dengan fasilitas modern dan nyaman.

“Perpusda dengan fasilitas yang nyaman demi memenuhi penyediaan SDM daerah yang berkualitas. Salah satunya dengan literasi menuju Indramayu Bermartabat,” kata dia.

Sumber: