Dongkrak Nasionalisme, Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih

Dongkrak Nasionalisme, Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih

BERKIBAR. Bupati Indramayu Nina Agustina bersama perwakilan camat dan lembaga terkait mengibarkan bendera merah putih menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Pemerintah Kabupaten Indramayu merespons Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih yang diawali secara simbolis, Jumat (5/8) di Alun-alun Indramayu. 

Program kegiatan ini digagas oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Implementasi program tersebut bekerjasama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Di Indramayu, untuk menyukseskannya telah dilakukan simbolis pembagian benderanya kepada para camat.

Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, penyerahan bendera merah putih kepada 31 camat itu merupakan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat Indramayu dan dikibarkan selama bulan Agustus 2022 ini.

Adapun maksud dan tujuannya untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat Indramayu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Indramayu.

“Pada kesempatan ini saya memberikan bendera merah putih sebagai tanda dimulainya Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Indramayu. Gerakan yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperkuat semangat nasionalisme,” jelasnya.

Berdasarkan surat dari Kemendagri, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indramayu menjadi koordinator Gerakan Pembagian 10 Juta Merah Putih. Kepada para camat, diminta bupati agar menggerakkan masyarakat di wilayahnya untuk menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan yang bermanfaat dan positif. Serta mengajak stakeholder mengadakannya secara swadaya. (tar)

Sumber: