Program KB Serentak Sejuta Akseptor Melampaui Target

Program KB Serentak Sejuta Akseptor Melampaui Target

PENGHARGAAN. Kepala Disduk-P3A Indramayu Takmid menerima penghargaan dari pemprov Jawa Barat atas capaian program KB sejuta akseptor yang melebihi target.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Sebanyak 14.743 orang menopang capaian program Keluarga Berencana (KB) sejuta akseptor yang dilaksanakan di Kabupaten Indramayu. Angka ini melampaui jumlah sasaran yang ditargetkan hingga 109 persen.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disduk-P3A) Kabupaten Indramayu, Takmid mengatakan, penghargaan ini menjadi catatan baik pelaksanaan program KB di Kabupaten Indramayu yang memenuhi target. 

“Alhamdulillah, Kabupaten Indramayu untuk program KB serentak sejuta akseptor memenuhi target yang ditetapkan,” kata Takmid, Minggu (7/8).

Menurutnya, capaian program KB serentak sejuta akseptor melampaui target. Adapun jumlah yang ditargetkan sebanyak 13.520 orang, dan realisasinya meningkat hingga 14.743 orang atau 109 persen. “Data itu terlapor tanggal 17 Juni 2022,” ujarnya.

Dia mengatakan, program KB serentak sejuta akseptor menjadi suatu langkah mengatur masyarakat dalam rangka kehamilan yang diinginkan, dan menjaga kesehatan. Serta menurunkan angka kematian ibu, bayi dan anak.

Selain itu, kata dia, juga sebagai upaya untuk mencegah gagal tumbuh anak atau bayi umur 5 tahun (stunting) yang ditetapkan Bupati Indramayu Nina Agustina. 

Upaya ini sudah membuahkan hasil turun di angka 14,4 persen dari semula 29,6 persen, dan selanjutnya menargetkan Kabupaten Indramayu zero stunting.

Program KB serentak sejuta akseptor dalam mencegah stunting ini dilakukan seperti memberikan pemahaman terkait penggunaan kapsul, suntik, kondom, IUD, implant, MOW dan MOP. 

“Hal ini sesuai komitmen komitmen Bupati Indramayu Nina Agustina dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Indramayu,” ungkapnya.

Atas capaian yang melampaui target tersebut, Pemerintah Kabupaten Indramayu memperoleh penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

Penghargaan tersebut diberikan pada Rapat Koordinasi (Rakor) PKBRS yang dilaksanakan di Kabupaten Karawang pada 28 Juli 2022, sekaligus momentum peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke XXIX tahun 2022 tingkat Jabar.

Bupati Indramayu, Nina Agustina menyatakan, dengan diraihnya penghargaan program KB serentak sejuta akseptor untuk Kabupaten Indramayu diakui menjadi kebanggaan bersama semua pihak yang terkait dan stakeholder yang ikut dalam suksesnya layanan program KB.

“Selamat atas prestasi yang diraih. Semoga menjadi pemicu semangat berprestasi lebih baik lagi untuk membantu terwujudnya Indramayu Bermartabat,” tandasnya. (tar)

Sumber: