Kawanan Kera Rusak Pemukiman Warga Ciawigebang

Kawanan Kera Rusak Pemukiman Warga Ciawigebang

USIR MONYET. Petugas Damkar Kuningan bersama warga Ciawigebang berusaha mengusir kawanan kera ekor panjang yang menyerang pemukiman penduduk. foto: humas damkar--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN- Satwa liar berupa kera ekor panjang meresahkan warga di Kabupaten Kuningan. Pasalnya, kera ekor panjang memasuki permukiman hingga merusak atap rumah warga. Tak hanya merusak, bahkan kera ekor panjang dilaporkan menyerang warga. Termasuk menjarah makanan yang ada di warung-warung milik warga di Desa Ciawigebang, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan.

Kepala UPT Damkar Kuningan, Khadafi Mufti mengatakan, petugas melakukan mitigasi kera ekor panjang usai menerima laporan warga. Hal ini dilakukan akibat keberadaan kera meresahkan warga setempat.

“Mitigasi kera ekor panjang ini karena sudah mengganggu dan menyerang masyarakat di Dusun Pahing, Desa Ciawigebang. Berdasarkan hasil pendataan, kita menindaklanjuti laporan kera liar yang berada di sekitaran pemukiman warga,” papar Khadafi dalam keterangan persnya, Senin (15/8).

Menurutnya, keberadaan kera itu menyerang warga yang lewat. Bahkan menjarah makanan di warung-warung, serta merusak atap rumah dan tanaman milik warga. Aksi kawanan kera ekor panjang semakin bertambah lantaran mereka berkelompok dan berani menyerang warga.

“Setelah dilakukan mitigasi, sudah ada sejak seminggu yang lalu di permukiman penduduk Desa Ciawigebang. Kera liar ini mulai melakukan pencarian makanan, memasuki wilayah sekitarnya dan meresahkan semua warga. Ini terjadi karena bisa saja lahan atau habitat mereka sudah kekurangan makanan sehingga kera-kera tersebut turun ke pemukiman penduduk,” bebernya.

Khadafi menjelaskan, kedatangan hewan tersebut dikarenakan terpisah dari kawanan lain. Sehingga mencari makanan di sekitaran pemukiman penduduk.

“Setelah dilakukan mitigasi dan mapping, kami sosialisasikan kepada masyarakat agar penanganan kera menggunakan bahan-bahan yang bisa menimbulkan ledakan suara dari bahan campuran karbit dan air. Kami menyarankan untuk membuat bahan peledak yang terbuat dari campuran karbit dan air kepada masyarakat,” ucapnya.

Hanya saja, pihaknya tidak berhasil menangkap kera yang sudah merusak atap rumah warga. Sebab melarikan diri ke perkebunan, jika nanti kembali akan ada tindakan selanjutnya dari Damkar Kuningan.

“Jika ada yang melihat kera di permukiman warga, jangan diberi makan dan diganggu, biarkan saja. Tapi segera lakukan pengusiran terhadap kera agar segera pergi meninggalkan permukiman warga,” pungkasnya. (fik)

Sumber: