STIKes Mahardika Cek Kesehatan Warga Sekitar Kampus

STIKes Mahardika Cek Kesehatan Warga Sekitar Kampus

CEK KESEHATAN. Para lansia di RW 03 Karyamulya, mengikuti pengecekan kesehatan dan senam lansia di Kampus STIKes Mahardika. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika sebagai salah satu kampus kesahatan di Cirebon, memberikan pelayanan pengecekan kesehatan secara gratis untuk warga lanjut usia (lansia) di sekitarnya. Khususnya di RW 03 Karyamulya, Kelurahan Karyamulya.

Kegiatan pengabdian masyarakat, selain menjadi tugas lembaga dalam tridharma perguruan tinggi, juga dilaksanakan untuk mengisi HUT Kemerdekaan ke-77 RI, sekaligus merupakan rangkaian Dies Natalis ke-20 STIKes Mahardika.

Ketua STIKes Mahardika, Dr Hj Yani Kamasturyani SKM MHKes menerangkan, sebagaimana menjadi salah satu dari tri dharma perguruan tinggi, maka STIKes Mahardika sudah seharusnya melakukan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dilaksanakan dengan memberikan pelayanan kesehatan.

“Alhamdulillah STIKes Mahardika bisa menggelar tridharma perguruan tinggi. Di antaranya cek kesehatan dan senam bagi lansia. Cek kesehatan seperti pengecekan tensi darah, cek gula darah, dan cek asam urat sera senam. Kali ini memfokuskan bagi lansia di RW 03 Karyamulya, dimana lokasi Kampus STIKes Mahardika sendiri berada,” ungkap Dr Yani.

Pengecekan kesehatan, dan senam bersama para lansia kali ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa STIKes Mahardika pada Prodi Ners dan Prodi Kesehatan masyarakat. Dengan adanya kegiatan sosial seperti kemarin, Dr Yani mengharapkan, keberadaan STIKes Mahardika dapat membawa manfaat bagi masyarakat, terutama di lingkungan sekitar.

“Di samping itu kita juga sudah memiliki daerah binaan yang menjadi lokasi titik fokus pengabdian masyarakat, lokasinya sendiri ditentukan oleh Dinas Kesehatan. Kali ini digelar di lingkungan kampus sendiri,” kata Dr Yani.

Ketua Program Studi Keperawatan, Ns. Dewi Erna Marisa mengatakan, pada pelayanan pengecekan kesehatan kemarin, sedikitnya 60 warga yang merupakan lansia ikut melakukan cek kesehatan.

“Cek kesehatan seperti ini sangat diperlukan bagi mereka, agar mereka tetap sehat meski usianya tidak muda lagi,” ungkap Dewi.

Pasalnya, ditambahkan Dewi, di usia yang sudah tidak muda, potensi untuk terjangkit berbagai penyakit bisa dikatakan lebih rentan, sehingga perhatian terhadap kesehatan harus lebih besar, dan pengecekan kesehatan pun harus lebih sering dilakukan.

“Penyakit yang sering terjadi bagi lansia diantaranya Hipertensi, diabetes, jantung, kolesterol. Diusia mereka, memang harus rutin pemeriksaan, makan makanan empat sehat lima sempurna, disamping itu para lansia juga harus rutin untuk berolahraga,” pungkasnya. (sep)

Sumber: