Target 5 Kelurahan di Kota Cirebon Bersih Narkoba

Target 5 Kelurahan di Kota Cirebon Bersih Narkoba

RAKOR. Badan Kesbangpol Kota Cirebon menggelar rakor lintas sektor dengan semua stakeholder untuk rencana aksi daerah P4GN di Kota Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon serius dalam menangani peredaran gelap narkoba. Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), pemkot terus melakukan gerakan dan berbagai program untuk menekan angka peredaran gelap narkoba.

Salah satu bentuk gerakan yang dilakukan dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), di antaranya, pemkot terus mendorong pembentukan dan pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba atau Kelurahan Bersinar.

Dalam rencana jangka menengahnya, untuk tahun 2023 mendatang, Badan Kesbangpol sudah menetapkan target pencanangan lima Kelurahan Bersinar di Kota Cirebon.

Kepala Bidang Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya pada Badan Kesbangpol Kota Cirebon, Rini Agustina menyampaikan, pada pada tahun 2022 ini, dari 22 kelurahan yang ada, sudah tiga kelurahan yang dicanangkan sebagai Kelurahan Bersinar.

"Sudah ada tiga Kelurahan Bersinar, yakni Kelurahan Sunyaragi, Kelurahan Drajat dan Kelurahan Kesenden," ungkap Rini usai menggelar Rapat Koordinasi terkait Rencana Aksi Daerah (RAD) P4GN dengan semua stake holder.

Untuk tahun 2023, lanjut Rini, sebagaimana sudah di-SK-kan langsung oleh Walikota Cirebon, maka ada lima kelurahan yang ditargetkan menjadi Kelurahan Bersinar.

Lima kelurahan tersebut, kata Rini, ditetapkan berdasarkan hasil pemetaan dan berbagai faktor pertimbangan, bukan berarti kelurahan yang masuk kategori rawan. Karena kegiatan di kelurahan tak hanya intervensi terkait penindakan, akan tetapi juga pencegahan melalui berbagai pemberdayaan.

"Untuk program tahun 2023, kita prioritaskan lima Kelurahan Bersinar yang sudah ditetapkan melakui SK Walikota. Ada Kelurahan Pekalangan, Kelurahan Karyamulya, Kelurahan Pulasaren, Kelurahan Larangan dan Kelurahan Harjamukti. Persiapannya, kita mulai menyusun program yang sudah masuk RAD, dibuat SK, baru action-nya di 2023. Fokus di lima kelurahan," ujarnya.

Pada pembentukan Kelurahan Bersinar ini, Badan Kesbangpol ada pada posisi untuk terus memfasilitasi dan berkoordinasi dengan semua stakeholder. Program-program yang ada di dalamnya akan diisi oleh lintas sektoral dengan dikoordinatori oleh tim terpadu P4GN, baik di tingkat Kota Cirebon, yang diketuai kepala Badan Kesbangpol, atau di kelurahan bersinar setempat.

"Nanti kita intervensi dengan kegiatan-kegiatan, kita fasilitasi dan koordinasi, kegiatan nanti diisi masing-masing dinas teknis. Seperti untuk sektor pendidikan oleh Disdik, sektor sosial oleh Dinsos. Diharapkan, tahun 2024, semua kelurahan sudah mencanangkan sebagai Kelurahan Bersinar, lalu pencanangan kota bersinar bebas narkoba," jelasnya.

Sementara itu, pada rakor Rencana Aksi Daerah (RAD) P4GN kemarin, Badan Kesbangpol kembali menegaskan bahwa gerakan P4GN di Kota Cirebon harus dilakukan secara terpadu oleh semua pihak. Mulai dari perangkat daerah, kecamatan dan kelurahan, serta instansi vertikal dan segenap elemen masyarakat.

"Kita bicarakan RAD ke depan. Dalam waktu dekat, kita akan bahas rancangan dengan menerbitkan SK di setiap SKPD. Tahun ini, kita sudah laksanakan di tingkat kota. Kita sudah tes urine untuk eselon 2 dan 3. Nanti akan ada tes urine untuk semua ASN. Intinya, ini gerakan bersama," imbuhnya. (sep)

Sumber: