Warga Jumbleng Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 750 Meter

Warga Jumbleng Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 750 Meter

SEMARAK. Warga Blok Jangga Tua, Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu menggelar kirab bendera merah putih berukuran panjang 750 meter. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID–Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati warga Blok Jangga Tua, Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu dengan berbagai kegiatan. Salah satunya menggelar Kirab Bendera Merah Putih sepanjang 750 meter.

Kegiatan yang diinisiasi Gubug Merah Putih Jangga Tua ini digelar setiap tahun. Kali ini, merupakan gelaran kirab untuk keempat kalinya dalam merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Rangkaiannya diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang bersama-sama membentangkan bendera tersebut keliling desa setempat.

Menurut salah satu warga yang terlibat sebagai pelaksana kegiatan, Jayanto, kegiatan kirab bertujuan untuk mengajak masyarakat dari berbagai kalangan agar selalu menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air. Serta menghargai sejarah perjuangan perebutan kemerdekaan Republik Indonesia oleh para pahlawan.

Dikatakannya, kegiatan tersebut dipersiapkan selama sebulan dibantu warga yang sangat antusias dalam merayakan HUT kemerdekaan yang sebelumnya selama dua tahun lalu terkendala pandemi Covid-19. 

BACA JUGA:Lestarikan Jajanan Tradisional, Pasar Rakyat di Indramayu Patok Harga Serba Rp77

“Kirab ini kembali kami gelar. Alhamdulillah warga antusias untuk ikut berpartisipasi membentangkan 750 meter bendera merah putih,” ungkapnya.

Selain membentangkan bendera merah putih terpanjang di Indramayu, juga dilaksanakan upacara HUT kemerdekaan pada 17 Agustus 2022 dengan mengibarkan bendera berukuran 17x3 meter di lapangan desa setempat. 

“Sebagai bentuk penghormatan pada jasa para pahlawan, kami juga mengadakan upacara HUT kemerdekaan dengan penuh khidmat,” kata dia.

BACA JUGA:Perkuat Semangat Nasionalisme, Bupati Imbau Sukseskan Sepuluh Program Unggulan

Jayanto berharap, pada tahun-tahun berikutnya kegiatan ini dapat dilangsungkan lebih meriah. Juga ada kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Indramayu agar dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang digelar Gubug Merah Putih Jangga Tua.

Sumber: