SMK Korpri Rancang Tricycle Tenaga Surya

SMK Korpri Rancang Tricycle Tenaga Surya

INOVASI. Siswa dan guru SMK Korprio Majalengka menciptakan tricycle tenaga surya dan sudah melalui proses uji coba, Kamis (18/8) lalu.--

MAJALENGKA - Siswa SMK Korpri Majalengka menciptakan tricycle atau sepeda roda tiga elektrik bertenaga surya. Sepeda tersebut diciptakan khusus untuk pedagang roti atau pedagang keliling lainnya.

Kepala SMK Korpri Majalengka, Rahmad Hidayat mengatakan ide pembuatan tricycle gerobak tenaga surya itu muncul saat sekolahnya mengikuti Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) 2022. Menciptakan sesuatu yang baru agar bermanfaat untuk pelaku UMKM, jadi alasan pihaknya memilih tricycle tenaga surya khusus pedagang sebagai Inovasi untuk unjuk gigi dalam ajang tersebut.

Inspirasinya muncul karena perkembangan kendaraan listrik di tanah air sangat pesat, SMK Korpri juga ingin bersuara dengan Inovasi kendaraan listrik. Terutama yang belum pernah ada tapi berpotensi membawa manfaat untuk UMKM atau masyarakat secara umum.

“Pemilihan tema tricycle roti atau gerobak roti tenaga surya muncul setelah kita melaksanakan riset moda transportasi pedagang, juga karena gencarnya kampanye green energy,” kata Rahmad, Sabtu (20/8).

Tricycle gerobak tenaga surya ini merupakan hasil ciptaan empat peserta didiknya yang berasal dari jurusan Teknik Pemesinan serta satu alumni dan guru sekolah tersebut.

“Ini merupakan Inovasi siswa Teknik Pemesinan bernama Rian Ardiansyah dari XII TP4, Aditia Hermawan dari XII TP3, Jujun Juntika dari XI TP3, Marwan Burhanudin dari XI TP3, terus alumni bernama Enda Sukanda dan guru pembimbing bernama Jajang Nurhidayatullah,” ucapnya.

Tricycle gerobak tenaga surya ini dirancang mempunyai baterai 24 Volt 20AH dan bisa menampung tenaga surya menjadi listrik sebesar 350 watt. Untuk kelebihannya sendiri bisa dikendarai dengan posisi berdiri.

“Daya motor 350 watt, kekuatan nonstop baterai penuh bisa dua jam perjalanan. Tetapi bisa lebih lama perjalanan pada siang hari, karena ada pengisian baterai otomatis dari panel surya. Baterai tricycle gerobak ini sebanyak 24 volt 20AH,” jelas dia.

Disampaikan Rahmad, Inovasi sekolahnya ini sudah diuji coba kelayakan dan performanya Kamis (18/8) kemarin. Pengujian tersebut dipimpin langsung oleh Head of Channel Strategic Development Dept, PT Nippon Indosari Corpindo, Triarso Wijasena.

“Alhamdulillah produk Inovasi ini laik jalan dan menunjukkan performa yang baik. Semoga kedepan Inovasi ini bisa membuka jalan Inovasi-Inovasi lainnya dari putra bangsa,” kata dia.

Usai uji coba, Inovasi para pelajarnya ini dilirik langsung oleh salah satu perusahaan brand roti ternama di Indonesia. Brand tersebut masih dalam satu ikatan dengan PT Nippon Indosari Corpindo.

“Kedepannya produk Inovasi tricycle tenaga surya tersebut akan digunakan untuk melengkapi armada penjualan langsung dari PT Nippon Indosari Corpindo,” ujar dia. (hsn)

Sumber: