Partai Ummat Terus Berbenah

Partai Ummat Terus Berbenah

TARGETKAN. Rakor Ketua DPD wilayah III Cirebon bersama Ketua DPW Jabar. Hasilnya, setiap dapil ditargetkan mendudukan satu kadernya di DPRD Provinsi Jabar.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pengurus DPD Partai Ummat (PU) Kabupaten Cirebon terus berbenah, memparipurnakan kesiapan partai ikut berkontestasi di Pemilu 2024 nanti. Terbaru, melakukan rapat koordinasi (Rakor) bersama ketua PU wilayah III Cirebon dengan Ketua DPW Jabar, H Daris SH.

"Kami, baru saja melakukan rakor dengan para ketua Partai Ummat Jabar VIII bersama Ketua DPW Jabar. Intinya, melakukan konsolidasi sekaligus evaluasi pasca verifikasi vaktual (vervak) ke KPU RI," kata Ketua DPD Partai Ummat Kabupaten Cirebon, Ian Subhan Amd, Senin (22/8). 

Partainya, kata Ian, sudah melakukan tahapan pemilu mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu ke KPU RI. Setelah melakukan pendaftaran dilakukan vervak. Ternyata, setelah dievaluasi, masih ada kendala. "Makanya, kita diinternal ada evaluasi, se Jabar. Salah satunya wilayah Jabar VIII ini," akunya. 

Kendala dimaksud lanjut Ian, terkait data kepengurusan yang tidak masuk dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). "Biasanya kendalanya itu, karena yang bersangkutan masih berstatus sebagai PNS, atau kendala tekhnis di DPP. Misalkan ada anggota kita yang tercatat masih sebagai ASN, itu otomatis ngga masuk di Sipolnya," imbuhnya. 

Selain itu, ada pembahasan lain. Dimana DPW PU menargetkan agar setiap dapilnya, bisa mengirimkan satu perwakilannya duduk di parlemen. "Ya, dari DPW, kita ditargetkan untuk bisa mengisi minimal 1 kursi per dapilnya. Komitmen kita, target itu pasti bisa wujudkan. Karena semua partai di 2024 nanti, posisinya sama. Masih 0-0. Pastinya akan bertarung habis-habisan. Termasuk kami pun sama," katanya. 

Adapun untuk internal DPD PU Kabupaten Cirebon sendiri, berbagai tahapan sudah dilakukan. Termasuk diantaranya pembukaan pencalegan dini untuk internal partai. Hasilnya, saat ini sudah terisi dari setiap dapilnya. Hanya saja, belum maksimal terisi semua. 

"Pembukaan pendaftaran caleg untuk umum, belum kita lakukan. Tapi soal pencalegan dini, kita terus lakukan masih untuk internal. Masih kita kumpulkan kandidat dari setiap dapilnya. Kita masih terus menginventarisir pencalegan. Baik untuk Caleg DPRD Kabupaten, Provinsi maupun untuk di pusat. Hasilnya, setiap dapil sudah ada, tapi belum maksimal terisi full," kata dia. 

Semuanya, terangkum dan tersampaikan saat Rakor bersama DPW. Bahkan lanjut Ian, hasil dari rakor ini pun, akan ditindaklanjuti dengan rapat diinternal tingkat DPD. "Semuanya, nanti pasti kami tindaklanjuti di internal DPD. Termasuk target dari DPW. Anggap saja, ini sebagai pemacu untuk kader PU, lebih trengginas lagi kedepannya," pungkasnya. (zen)

Sumber: